Zulkifli Hasan Usul Bupati dan Gubernur Dipilih DPRD, Begini Alasannya

Zulkifli Hasan Usul Bupati dan Gubernur Dipilih DPRD, Begini Alasannya

Ketum PAN, Zulkifli Hasan akan bertemu dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.-Dokumentasi PAN-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan usul agar bupati dan gubernur kembali dipilih oleh DPRD, tidak lagi pemilihan langsung. 

Usul Zulkifli Hasan sebenarnya bukan barang baru, karena dulu bupati dan gubernur juga dipilih oleh DPRD. Zulhas, sapaan akrabnya, mewacanakan agar sistem ini dipakai kembali. 

"Demokrasi yang dimusyawarahkan oleh DPRD. Untuk Indonesia, itu lebih tepat. Partai yang besar, tentu akan mengajukan pemimpin-pemimpin dalam jumlah yang besar," ujar Zulkifli Hasan terkait usul bupati dan gubernur dipilih DPRD. 

Menurut Zulhas, dengan cara demikian, maka akan mengurangi potensi konflik di masyarakat dan pertikaian yang kurang produktif. "Nggak perlu jual agama, suku, kelahi nggak karu-karuan," tuturnya.

BACA JUGA:Ketua KPAID Kabupaten Cirebon: Muncul Krisis Hak Anak-anak Pasca Pandemi Covid-19

Hanya saja, untuk pemilihan presiden dan DPR, tetap menggunakan sistem dipilih langsung seperti sekarang ini. 

Dengan sitem demokrasi yang demikian, Zulhas yakin, bahwa Indonesia akan lebih maju. Sebab, pemimpin di daerah adalah orang-orang terbaik dan terpilih. 

Berbeda dengan sistem sekarang ini, karena sangat transaksional. "Saya mau jadi bupati kan harus cari kursi, kalau tidak, tidak bisa. Ini harus dibenahi. Demokrasi harus diperbaiki," tandas Zulhas. 

Zulkifli Hasan mengungkapkan, pemilihan bupati dan gubernur saat ini sangat transaksional, karena itu dia usul agar kembali dipilih oleh DPRD. "Mau jadi bupati, harus transaksional," ungkapnya. 

BACA JUGA:Laga Perdana Liga 1 Musim 2022-2023: Madura United Sikat Habis Barito Putra

Dengan perubahan sistem ini, demokrasi yang digunakan akan sangay demokratis. Sekarang, misalnya, untuk jadi presiden harus 20 persen, itu sudah transaksional.

"Bukan tidak bisa. Kemarin sudah. Gubernur tidak usah dipilih langsung, cukup DPRD. Jadi demokrasi yang ditata, bisa," tuturnya.

Dia mengaku, akan bicara kepada pimpinan partai politik. Terkait bupati dan gubernur kembali dipilih oleh DPRD.

"Kita bisa milih orang terbaik. Saya bisa ngomong ke pimpinan partai. Partai saya 7 persen. Dari 500 bupati, saya minta 5 saja," imbuh Zulkifli Hasan menegaskan usul gubernur dan bupati dipilih DPRD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: close the door podcast