Baim Wong Daftar HAKI Citayam Fashion Week, Nasehat Ridwan Kamil: Biarkan Tetap Slebew

Baim Wong Daftar HAKI Citayam Fashion Week, Nasehat Ridwan Kamil: Biarkan Tetap Slebew

Paula Verhoeven bersama Bonge ikon dari Citayam Fashion Week. Baim Wong menjelaskan alasan mendaftarkan HAKI untuk Citayam Fashion Week.-Ist-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil turut bereaksi atas langkah Baim Wong mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week. Kang Emil memberikan nasehatnya.

Menurut Ridwan Kamil, langkah yang dilakukan Baim Wong mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week, dapat membuat gerakan tersebut justru mati muda.

Ridwan Kamil berpendapat, gerakan tersebut agar tetap menjai akar rumput dan tidak perlu dilihat dari sisi komersial. Nasehat Kang Emil tersebut, disampaikan pasca Baim Wong mendaftar HAKI untuk Citayam Fashion Week.

"Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial," kata Kang Emil, dalam keterangan tertulis.

BACA JUGA:Baim Wong Daftar HAKI Citayam Fashion Week, Begini Alasan dan Klarifikasi

Disampaikan Ridwan Kamil, fenomena Citayam Fashion Week itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula.

"Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda," tulis Gubernur Jabar tersebut.

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," tandasnya.

Ada kalanya, sambung Kang Emil, mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu-individu di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur.

BACA JUGA:Pengedar Narkoba Ditangkap di Ciperna Cirebon, Hanya Demi Dapat Sabu Gratis

Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda.

"Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini," pintanya.

Kang Emil juga meminta agar pendaftaran HAKI oleh Baim Wong atas Citayam Fashion Week ke Kemenkumham agar dicabut.

"Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya. Hatur Nuhun," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: