Hari Mangrove Sedunia, Lanal Cirebon Lakukan Hal Ini di Indramayu

Hari Mangrove Sedunia, Lanal Cirebon Lakukan Hal Ini di Indramayu

Lanal Cirebon menanam ribuan pohon mangrove di Pantai Karangmalang, Desa Tanjakan, Kecamatan Kerangkeng, Kabupaten Indramayu, Selasa pagi (26/7/2022). Foto:-Dedi Haryadi-RADARCIREBON.COM

Radarcirebon.com, INDRAMAYU – Peringati hari mangrove sedunia jatuh pada tangga 26 juli. Ratusan personel Pangkalan TNI AL Cirebon pun turun ke laut untuk menanam ribuan pohon mangrove.

Penanaman mangrove jenis bakau, api-api, dan cemara laut itu, dilakukan di sepanjang 2 kilo meter Pantai Karangmalang, Desa Tanjakan, Kecamatan Kerangkeng, Kabupaten Indramayu, Selasa pagi (26/7/2022).

Komandan TNI AL (Danlanal) Cirebon Letkol laut (P) Ainul Muslimin mengatakan, penanaman pohon mangrove diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya abrasi di Kabupaten Indramayu.

"Penanaman pohon mangrove secara berkala dapat menambah daratan, pasalnya mangrove yang ditanam dapat menahan pasir yang di hempas oleh ombak yang menepi ke pantai,” kata Danlanal.

BACA JUGA:Sosok Bharada E Akhirnya Muncul di Komnas HAM, Dengan Setelan Serba Hitam Menembus Kerumunan

“Tidak hanya menanam pohon, kegiatan ini juga kami bagi-bagi paket sembako kepada warga pesisir Indramayu," imbuhnya.

Dijelaskan Danlanal, kegiatan penanaman mangrove tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

"Untuk di wilayah III Cirebon kita pusatkan di Kabupaten Indramayu. Adapun jumlah pohon mangrove yang kita tanam sebanyak 5.000 pohon,” ungkapnya.

“Kita juga sudah melakukan beberapa tahap dan hari ini adalah puncaknya. Kami juga akan melakukan perawatan atau tambal sulam ketika nanti ada pohon mangrove yang mati atau roboh langsung kita perbaiki dengan harapan tiga tahun ke depan kita bisa menikmati hasil dari mangrove ini," imbuh Danlanal.

BACA JUGA:Ria Ricis Melahirkan, Bayinya Sehat dan Cantik, Teuku Ryan: Istriku Terbaik

Letkol laut (P) Ainul Muslimin mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan pantai dan laut.

"Kita perlu kepedulian masyarakat sekitar untuk merawat sekaligus melestarikan, atau jika ada menanam lebih banyak lagi tanam pohon mangrove," pungkasnya.

BACA JUGA:Penyelewengan KUR di Mundu Cirebon, Oknum Pegawai Bank dan Pengusaha di Setupatok Terlibat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: