Keraton Kasepuhan Adakan Tradisi Selametan Bubur Suro

Keraton Kasepuhan Adakan Tradisi Selametan Bubur Suro

Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar selametan bubur Sura di Langgar Alit Keraton Kasepuhan, Selasa (9/8/2022).-dedi haryadi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON-Ritual selametan Bubur Suro merupakan tradisi yang masih dipertahankan hingga sekarang oleh Keraton Kasepuhan Cirebon.

Ritual ini tepatnya dilaksanakan setiap tanggal 10 Suro ini erat kaitanya dengan peristiwa besar dalam sejarah Islam.

Kegiatan bubur Suro tersebut berlangsung berlangsung di Langgar Alit Keraton Kasepuhan yang dihadiri Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat selaku Direktur Badan Pengelola Keraton Kasepuhan (BPKK) Cirebon.

Tradisi bubur Suro digelar sederhana berupa doa bersama dengan keluarga Keraton Kesepuhan, Kerabat Kerabat Keraton Kasepuhan, para abdi dalem dan sejumlah warga sekitar Keraton Kasepuhan.

Usai doa bersama, Keluarga Keraton Kasepuhan membagi-bagikan bubur Sura tersebut kepada kerabat Keraton Kasepuhan, abdi dalem Keraton dan warga sekitar.

BACA JUGA:Tarif Baru Ojol 2022, Wah Ternyata Naik, Begini Rinciannya

"Ini salah satu tradisi yang diwariskan Sunan Gunung Jati kepada kami penerusnya dan harus selalu dijalankan. Peringatan Asyura memiliki keutaman untuk belajar bersedekah.

Tradisi ini sebagai peringatan untuk kita semua supaya lebih mencintai Islam,"ujar Elang Hariyanto Wijaya Kusuma selakua Kepala Adat dan Tradisi Keraton Kasepuhan kepada radarcirebon.com ditemui di sela-sela kegiatan.

BACA JUGA:Putri Candrawathi Terlihat Beda saat di Mako Brimob, Benarkah Itu Dia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: