Nyi Roro Kidul Berasal dari Pajajaran dan Putri Prabu Siliwangi, Begini Kisahnya

Nyi Roro Kidul Berasal dari Pajajaran dan Putri Prabu Siliwangi, Begini Kisahnya

Wajah asli Nyi Roro Kidul disebut berbeda dengan yang ada d lukisan. -ist/ilustrasi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com - Nyi Roro Kidul penguasa Pantai Selatan dikisahkan berasal dari Kerajaan Pajajaran dan merupakan putri dari Prabu Siliwangi.

Dalam versi kisah tersebut, Nyi Roro Kidul yang berasal dari Kerajaan Pajajaran, terusir karena iri dengki sejumlah selir dan menjadi korban ilmu hitam.

Meski berasal dari Kerajaan Pajajaran, kisah Nyi Roro Kidul memang lebih banyak unsur legenda dan mitos.

Pada salah satu versi cerita rakyat, Nyi Roro Kidul yang dikisahkan berasal dari Pajajaran terusir dari lingkungan keraton.

BACA JUGA:Inilah Tips Atasi Insomnia, Salah Satunya Makan Nasi

Putri Prabu Siliwangi yang disebut bernama Putri Kandita menjadi korban semacam kutukan yang membuatnya terusir dan melarikan diri ke Pantai Selatan.

Kemudian memilih menjadi penguasa kerajaan gaib, dan diyakini Nyi Roro Kidul adalah sosok siluman yang berasal dari laut selatan.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Nyi Roro Kidul merupakan puteri dari Kerajaan Pakuan Pajajaran.

Raja Prabu Siliwangi memiliki banyak anak, salah satunya bernama Putri Kandita yang sangat cantik jelita mewarisi memiliki sifat ayahnya yang bijaksana.

BACA JUGA:Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J, Inilah Peran Putri Candrawathi

Karena suatu konspirasi perebutan tahta, Putri Kandita akhirnya tersingkir dari istana. Dalam pengasingannya ia memutuskan untuk menetap di kawasan Pantai Selatan.

Di sana ia menyatu dengan pepunden Laut Selatan hingga kemudian Putri Kandita berhasil menguasai gaib kawasan tersebut hingga bersemayam di tepat itu dan bergelar Nyi Roro Kidul.

Salah satu mitos yang banyak dipercaya orang terkait Nyi Roro Kidul dan Pantai Selatan adalah larangan berpakaian warna hijau, banyaknya korban terseret ombak hingga adanya hubungan Pantai Selatan dengan Kraton Yogyakarta menjadi bagian cerita tanpa akhir Pantai Selatan.

Keberadaan Pantai Selatan tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Jawa, khususnya Yogya. Berbagai cerita yang selalu menyertainya seakan menambah panjang misteri pantai di selatan pulau Jawa tersebut yang tak pernah terungkap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: