Yamaha 2022-09

PKKM STMIK IKMI Cirebon; Tingkatkan Kapasitas Dosen dan Tenaga Kependidikan Bidang Ilmuan/Management Data

PKKM STMIK IKMI Cirebon; Tingkatkan Kapasitas Dosen dan Tenaga Kependidikan Bidang Ilmuan/Management Data

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan (STMIK IKMI Cirebon) bidang Data Science dan Data Management Staff di Hotel Prima, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Sabtu (3/9/2022).-Ade Gustiana -radarciebon

Radarcirebon.com, CIREBON - STMIK IKMI Cirebon menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan bidang Data Science dan Data Management Staff di Hotel Prima, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Yaitu, dalam rangka implementasi hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2022.

Pelatihan Data Science dilakukan 3-6 September di Hotel Prima Cirebon dengan total durasi 24 jam pelajaran. Sementara uji kompetensi Data Sience pada 7 September yang diselenggarakan di Kampus STMIK IKMI Cirebon, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon. Kemudian pelatihan Data Management Staff dilakukan 3-5 September di Hotel Prima dengan total durasi 18 jam pelajaran.

"Lalu uji kompetensi Data Management Staff pada 6 September di STMIK IKMI Cirebon," terang Ketua Pelaksana PKKM STMIK IKMI Cirebon, Odi Nurdiawan MKom di sela pelatihan, Sabtu siang (3/9/2022).

Pelatihan dan uji kompetensi berawal dari hibah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui  Dirjen Kelembagaan Kemendikbud Ristek yang diperoleh STMIK IKMI Cirebon. Yakni, hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka tahun 2022, itu. Di antara kegiatan hibah tersebut adalah Pelatihan Data Science dan Data Management Staff bagi dosen dan tenaga kependidikan.

BACA JUGA:Harga Pertalite Tiba-tiba Naik Hari Ini, Pelayanan SPBU di Kota Cirebon Sempat Berhenti Sejenak

"Bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen dan tenaga kependidikan di bidang ilmuan data dan management data," tutur Wakil Ketua I Bidang Akademik, Riset dan Inovasi STMIK IKMI Cirebon, Dian Ade Kurnia MKom.

Yakni, demi mendukung visi institusi; menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan di bidang Artificial Intelligence (AI). Khususnya data science yang merupakan bagian ilmu daripada AI.

Pelatihan/ujikom Data Science dilakukan kepada 20 peserta. Sementara Data Management Staff diikuti 6 peserta. Syarat menjadi peserta dalam program ini; bagi dosen yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dan memiliki latar belakang komputer.

Sementara itu, pemateri pelatihan ini dari Lembaga Pengembangan Kompetensi dan Kewirausahaan Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta. Terdiri dari 1 orang pemateri dan 1 assesor Data Management Staff dan 1 instruktur dan 2 assesor Data Science. Total ada 3 assesor dari LSP Informatika.

BACA JUGA:Korem 063/SGJ Gelar Latihan Intel Ter Pur Terintegrasi di Kuningan

Sumber: