Forlalin Sepakati Tarif Angkot Rp6 ribu

Forlalin Sepakati Tarif Angkot Rp6 ribu

SEPAKAT. Forum lalu lintas kota Cirebon menggelar rapat di aula Dishub, dan menyepakati penyesuaian besarantarif angkot sebesar Rp 6 ribu dan mahasiswa pelajar Rp4 ribu-ABDULLAH-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON- Forum lalu lintas (Forlalin) Kota Cirebon selasa pagi (6/9) menggelar rapat atas usulan dari organda dan pengurus jalur tentang penyesuaian tarif angkot atas kenaikan harga BBM. Akhirnya disepakati besaran tarif angkot Rp6 ribu  dan Mahasiswa Pelajar Rp4 ribu.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Cirebon Drs Andi Armawan,  menjelaskan dishub dalam menentuikan tarif punya acuan yakni BOK (Biaya Operasional kendaraan) dan Dishub selalu mengacu hitungan berdasarkan BOK, komponennya BOK mulai dari  pemeliharaan kendaraan.

“yan penting bagaimana memperhatikan angkot mulai perawatan hingga pengujian, meski pengujian sudah gratis,” kata Andi.

Dari dasar perhitungan itulah, lanjut Andi, Hingga akhirnya munculnya tarif angkot 6 ribu umum dan pelajar mahasiswa 4 ribu. usulan tarif itu sempat muncul minggu sore. Angkanya tidak jauh beda dengan kajian organda.

BACA JUGA:Selaras Tenun dan Kopi Manao Rayakan Hari Tenun Nasional dengan Menggelar Showcase

Andi membeberkan, Besaran tarif angkot berdasarkan perhitungan biaya operasi kendaraan (BOL) tahun 2022. Asumsi harga BBM Rp10.000 tarif berdasarkan BOK Rp 6.159 pembulatan Rp6 ribu. Asumsi harga BBM Rp10.000-Rp11.000 tarif berdasarkan BOK Rp6.424 pembulatan Rp6500, asumsi harga BBM Rp 11.000- Rp12.000 tarif berdasarkan BOK Rp6.688 pembulatan Rp6.500, asumsi harga BBM Rp12.000-Rp13.000 tarif berdasarkan BOK Rp6.952 pembulatan Rp7.000. Asumsi harga BBM Rp13.000-14.000 tarif berdasarkan BOK Rp. 7.217 pembulatan Rp7.000. Asumsi harga BBM Rp14.000-Rp15.000 tarif berdasarkan BOK Rp7.481 pembulatan Rp. 7.500.

Wakil ketua Organda Cirebon, Yuyun Wahyu Kurnia, harus segera diputuskan tentang tarif. Yuyun sempat Menyesalkan kepolisian saat hari senin kepolisian fokus ke mahasiswa,  padahal yang paling berbahaya sopir angkot jika tidak terkontrol.

“Boleh lah konsentrasi ke mahasiswa tapi bantu juga organda menenangkan sopir angkot,” kata Yuyun.

Yuyun wahyu kurnia  menegaskan, menghindari pemogokan masal maka dibahas penyesuaian tarif. Berharap semua pihak memahami kesulitan sopir. Jadi mohon jangan sampai kenaikan ini memicu konflik. Sopir keberatan naik.

BACA JUGA:Kekurangan Timnas U-19 Indonesia Dibongkar Alfriyanto Nico, Simak Penjelasan Shin Tae Yong

Kanit Turjawali, Polres Ciko, Ipda Nuryoto berharap tarif baru ini ada sosialisasi ke masyarakat, dan berharap sopir angkot fleksibel dalam penentuan tarif khususnya ke mahasiswa maupun ke pelajar.

“Yang penting sosialisiasi ke masyarakat . TNI Polri kita mendukung, yang penting kondusif, dan menyarankan sosialisiasi ke masyarakat baik ke media cetak dan online agar masyatakat faham. Semua lini bergerak. Angkot insyaallah kondusif,” tandasnya.

Sekretaris Organda cirebon Karsono, tariff penyesuaian untuk angkot ini ini sudah final,  dan tinggal diajukan ke walikota, teman teman dilapangan butuh pengumuman formal dan kita menunggu dan siang bisa dibahas. “Tarif yang diputuskan forum lalu lintas sebesar Rp6 ribu dan mahasiswa serta pelajar Rp4 ribu,” pungkasnya.

BACA JUGA:Timnas U-19 Kalah dari Persija U-18, Begini Komentar Mengejutkan Shin Tae Yong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: