Mitos Ikan Dewa Cibulan: Pasukan Prabu Siliwangi, Ada di Relief Candi Borobudur

Mitos Ikan Dewa Cibulan: Pasukan Prabu Siliwangi, Ada di Relief Candi Borobudur

Mitos ikan dewa di Objek Wisata Cibulan, Kabupaten Kuningan yang dikaitkan dengan kisan prajurit Prabu Siliwangi.-M Taufik-radarcirebon.com

Bila hidup di alam aslinya, jenis ikan ini (semah dan tombro) dilaporkan bisa hidup dan tumbuh hingga sepanjang lebih dari satu meter dengan berat lebih dari 30 Kg.

Ikan yang mencapai ukuran tersebut umurnya diperkirakan sudah mencapai belasan bahkan puluhan tahun karena jenis ikan ini dikenal memiliki pertumbuhan yang lambat.

BACA JUGA:Pria Hendak Membakar SPBU di Tangkil Cirebon, Tidak Ada Kaitan dengan Kenaikan BBM, Diduga Gangguan Jiwa

BACA JUGA:Video Rekaman CCTV Pria Mencoba Membakar SPBU Tangkil di Cirebon, Lihat di Sini

Jenis ikan ini sudah tergolong langka. Boleh jadi karena itulah, harganya di pasaran tergolong mahal. Juga tidak sembarangan dapat dikonsumsi.

Meski harganya relatif mahal, ikan Dewa yang diabadikan sebagai relief di dinding Candi Borobudur ini belum banyak dibudidayakan oleh pembudidaya ikan.

Padahal, sudah sejak tahun 2011 lalu Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui SK No: 66/Men/2011 tertanggal 29 November 2011 telah merilis jenis Ikan Torsoro (Tor Soro,Valenciennes) ini.

Agus Rochdianto, Penyuluh Perikanan Madya di Tabanan dalam artikel di Kementerian Kelautan dan Perikanan menjelaskan, dalam rangka pembinaan populasi Ikan Dewa (Tor soro) Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP) Bogor.

BACA JUGA:Pelaku Percobaan Pembakaran SPBU Tangkil Cirebon, Kasat Reskrim: Warga Klayan, Ada Dugaan Gangguan Jiwa

BACA JUGA:Tanggapi Kenaikan BBM, Wapres Ma'ruf Amin: Sebetulnya Bukan Kenaikan, Normalisasi Harga

Riset itu, bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) juga telah melakukan translokasi ikan dewa yang masih berupa anakan dari kolam pemijahan Cijeruk Bogor ke dalam kawasan TNGC.

Translokasi tersebut merupakan salah satu upaya konservasi ikan dewa agar tetap terjaga kelestariannya di alam khususnya di Kawasan TNGC sehingga tetap terjaga menjadi kebangaan masyarakat Kuningan (Jawa Barat).

Sebab, di Kabupaten Kuningan, ikan Dewa banyak ditemukan di kolam pemandian keramat di kolam Cibulan, Cigugur, Pasawahan, Linggajati, dan Darmaloka.

Mitos Ikan Dewa Cibulan

Oleh masyarakat sekitar, ikan ini dipercaya sebagai penjelmaan prajurit Prabu Siliwangi atau Raja Pajajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: