Presiden Jokowi Minta Infrastruktur Pendukung Piala Dunia U-20 2023 Segera Diperbaiki

Presiden Jokowi Minta Infrastruktur Pendukung Piala Dunia U-20 2023 Segera Diperbaiki

Anggota DPR RI Aria Bima beberkan alasan utama FIFA batalkan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

Radarcirebon.com, JAKARTA - Menyongsong persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh infrastruktur pendukung diperbaiki.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali setelah melakukan pertemuan dengan Jokowi di Istana Negara, Kamis 8 September 2022.

Pada rapat persiapan Piala Dunia U-20 tersebut, hadir juga Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan.

BACA JUGA:Ratu Elizabeth II Meninggal di Usia 96 Tahun, Inggris Tetapkan 12 Hari Berkabung Nasional

Presiden Joko Widodo meminta kekurangan yang berkaitan dengan Piala Dunia U-20 tahun 2023 harus cepat diselesaikan.

“Bapak Presiden memberikan arahan kepada kami untuk segera memperbaiki itu karena kita ada deadline. Kira-kira sekitar Oktober, FIFA akan melihat,” ujar Menpora dikutip dari Disway.id, Jumat 9 September 2022.

BACA JUGA:Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Naik Tahta

FIFA sebelumnya telah melakukan inspeksi ke Indonesia pada Juni 2022 dan menemukan banyak kekurangan infrastruktur.

Zainudin Amali juga menjelaskan ada beberapa venue yang harus diperbaiki, apalagi saat ini sedang digunakan klub untuk Liga 1 musim 2022-2023.

Ada enam stadion yang disiapkan yaitu Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali) sudah siap sejak 2021.

BACA JUGA:Inggris dan Dunia Berduka, Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Namun, karena penundaan Piala Dunia U-20 sehingga butuh perbaikan lagi.

"Saya beri contoh, seperti Stadion Manahan Solo yang tadinya sudah siap, pada saat itu kita gunakan untuk turnamen pra-musim yaitu Piala Menpora dan Piala Presiden dan terakhir Asean Para Games, sehingga kondisinya masih perlu perbaikan lagi" Terang Zainudin Amali.

Lebih lanjut Amali mengatakan Bapak Presiden ingin menteri-menteri yang terkait untuk segera memenuhi keinginan FIFA.

BACA JUGA:Erdogan Dukung Putin Perihal Kebijakan Ekspor Biji-Bijian

“Bapak Presiden memutuskan menginstruksikan kepada kami menteri-menteri terkait untuk segera melakukan langkah-langkah memenuhi apa yang dikehendaki oleh FIFA,” ujarnya.

Piala Dunia FIFA U-20 direncanakan akan berlangsung di enam provinsi yakni DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Penyelenggaraan sebenarnya dilaksanakan pada tahun 2021. Namun, karena adanya pandemi covid-19 harus tertunda dan digelar pada tahun 2023. (jun/disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase