Ini Lho 5 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Penyebab Lemah Mental

Ini Lho 5 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Penyebab Lemah Mental

Ilustrasi lemah mental--

Radarcirebon.com - Kesehatan mental sangat perlu dijaga. Banyak sekali masyarakat yang merasakan kelelahan walaupun sebenarnya mereka sudah melakukan istirahat. Kondisi ini biasanya dirasakan ketika kamu mengalami kelelahan mental.

Ketika mental kamu yang sudah terganggu maka segala bentuk gangguan mental dan penyakit mental akan timbul. Gangguan mental ini mampu mengubah bagaimana cara mereka untuk menyampaikan kekesalannya, berhubugan dengan orang lain, membuat pilihan baginya, dan memicu untuk menyakiti dirinya sendiri.

Apa saja sih kebiasaan mental yang bisa membuat kita lelah mental? Yuk simak bagaimana pembahasan tentang kesehatan mental.

1.    Dendam
Seseorang yang merasa dendam akan senantiasa mengingat kejadian yang telah dilakukan dimasa lalu. Biasanya kejadian lama yang sudah terjadi kegiatan yang membuat kamu merasa marah, tersinggung, sakit hati dan malu.
Kata maaf memang sulit dilakukan, namun belajarlah untuk memaafkan dan mulai untuk berdamai dengan masa lalu. Karena dengan kamu memaafkan dan berdamai akan membuat hatimu merasa bahagia dan tidak dihantui dengan rasa dendam.

BACA JUGA:Dua Pemancing Tersesat di Hutan, TIM SAR Gabungan Boven Digoel Lakukan Pencarian

2.    Toxic Relationship
Hubungan toxic, merupakan hal yang sangat tidak baik. Biasanya ada kekerasan verbal, fisik, seringkali diremehkan, possesif, tidak dihargai, hingga kamu beresiko rusak mental. Carilah pasangan yang mampu menerima kamu apa adanya, tidak membuat kalian tertekan dan menjalani hubungan yang sehat dan mental kalian sehat.

3.    Membandingkan diri kalian dengan orang lain
Dalam perjalanan hidup seseorang, pencapaian yang di capai pasti berbeda-beda. Diri kita tidak akan mampu menyetarakan apa yang dicapai oleh mereka dengan pencapaian yang telah kita dapat. Kita tidak akan bisa memaksakan segala sesuatu dengan berlebihan.

Karena dengan kita memaksa sesuatu kita akan merasa cape, lelah tertekan, bahkan kita akan merasakan insecure. Teruslah percaya diri dan menyayangi diri sendiri. Berhentilah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Karena, hal yang ada pada diri seseorang tidak akan mampu disamakan dengan pencapaian kita, semangat dan terus belajar untuk menjadi lebih baik tanpa membandingkan diri kita engan orang lain.

4.    Rasa ingin terlihat sempurna
Ingin terlihat sempurna bukan berarti mengejar sesuatu untuk menjadi sebuah kesempurnaan. Karena seseorang itu tidak akan mendapatkan sebuah kata yang sempurna. Lebih bersyukur dan menerima apa yang dicapai merupkan hal yang lebih baik dilakukan.

BACA JUGA: Pajak sektor Reklame Bocor

Jadikan berbagai pengalaman yang telah didapat menjadi suatu pengalaman dan menjadi pembelajaran kedepannya. Karena tak selamanya kita mendapatkan kesempurnaan dari berbagai hal yang telah diusahakan oleh kita.

5.    Berusaha untuk selalu menyenangkan orang lain
Hal seperti ini disebut dengan people pleaser. Orang yang senantiasa melakukan segala sesuatu untuk menyenangkan orang lain. Hal ini ditandai dengan selalu mengiyakan apa yang diminta oleh orang lain. Mulai dari segala hal yang dipinta, diarahkan dan diajak tanpa memikirkan bagaimana keadaan diri mereka sendiri.

Biasanya people pleaser ini memiliki sikap tidak enakan pada orang lain hingga diri mereka merasa capek sendiri karena selalu menuruti segala sesuatu yang dipinta oleh orang lain.

Mulailah untuk menolak sesuatu yang tidak kalian sanggupi, mulailah bekata tidak jika kalian tidak mampu untuk memenuhi segala sesuatu yang dipinta oleh orang lain. Apalagi jika hal itu tidak mampu memberikan manfaat untuk diri kita sendiri.

Itulah lima kebiasaan yang senantiasa dilakukan oleh banyak orang yang mampu membuat kerusakan mental kalian. Yuk segera hilangkan kebiasaan buruk itu agar mental kalian sehat dan hidup kalian dalam keadaan tenang dan bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: