2 Kecamatan Teliterasi Digital, Penarikan dan Ekspose KKN UNU Cirebon

2 Kecamatan Teliterasi Digital, Penarikan dan Ekspose KKN UNU Cirebon

Penarikan mahasiswa dan ekspose KKN UNU Cirebon di kantor Kecamatan Sedong, Kamis (8/9).-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun akademik 2021/2022 Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon telah tuntas. Selama 40 hari, 412 mahasiswa mengabdi untuk perubahan bagi masyarakat di 16 desa yang ada di Kecamatan Sedong dan Kecamatan Susukan Lebak.

Penarikan mahasiswa dan ekspose KKN dilaksanakan di kantor Kecamatan Sedong, Kamis (8/9). Sejak 1 Agustus hingga 9 September, para mahasiswa menularkan kebaikan di wilayah timur Kabupaten Cirebon tersebut.

Ketua Panitia KKN UNU Cirebon Andi Kiswanto mengatakan ekspose menampilkan pentas seni, expo dan bazar dari setiap desa. Serta, ekspose program selama mahasiswa KKN kepada pejabat desa/kecamatan dan pemkab yang hadir.

Di antara program prioritas KKN UNU Cirebon yakni kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait literasi digital. Setiap mahasiswa bertanggung jawab meliterasi masyarakat desa setempat.

BACA JUGA:Plat Nomor Putih Sudah Ada di Cirebon, Bagaimana Nasib Plat Hitam? Begini Keterangan Satlantas

Kedua, menggali potensi wisata di Kecamatan Sedong. Di mana Sedong merupakan daerah yang dicanangkan sebagai wilayah pariwisata oleh Pemkab Cirebon. Mahasiswa bertugas menggali potensi baik lokal maupun nasional. Serta banyak program lain; pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, pendidikan, memaksimalkan baca dan tulis alquran dan sebagainya.

Andi berharap program yang sudah dilakukan mahasiswa bisa terus berjalan sepeninggal mereka di sana. Serta, mahasiswa bisa mengembangkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh untuk kehidupan berikutnya. Dan UNU Cirebon, bisa tetap memberikan manfaat yang berkelanjutan.

"Tugas teman-teman mahasiswa ini yang paling utama meliterasi digital masyarakat desa di sana. Kedua, mengamalkan ilmu sosial dan ilmu akademisnya. Ketiga, memberikan nilai manfaat bagi universitas sebagai lembaga pendidikannya. Harapannya, UNU Cirebon memberikan nilai manfaat lebih untuk masyarakat Cirebon," tutur Andi yang juga ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNU Cirebon tersebut.

BACA JUGA:Wow! Bakal Ada Replika Bulan di Dubai Senilai Rp 75 Triliun

Sebanyak 214 mahasiswa itu dari 6 fakultas: Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Hukum, Ilmu Komputer, Ekonomi, Agama Islam dan Fakultas Teknik Kelautan dan Perikanan.

KKN tahun ini mengangkat tema: pemberdayaan literasi digital masyarakat desa dalam rangka menggali potensi wisata lokal berbasis inovasi. Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi MAg mengaku bangga dengan UNU Cirebon yang berkiprah dengan mengabdikan diri untuk mengedukasi warga di wilayahnya itu.

BACA JUGA:Lapak PKL Pasar Talang Cirebon Kebakaran Lagi, Penyebab Belum Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: