Pusing Ketika Tumbuh Gigi, Bisa Jadi Salah Satu Gejala Impaksi

Pusing Ketika Tumbuh Gigi, Bisa Jadi Salah Satu Gejala Impaksi

Owner Health Dental Care (HDC) Klinik Gigi, drg Hilda Syafei saat menjelaskan kondisi impaksi gigi.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIREBON - Gigi bungsu atau wisdom teeth adalah gigi yang paling terakhir muncul atau tumbuh pada saat seseorang telah dewasa.

Pertumbuhan gigi bungsu ini tak selamanya mulus, ada pula yang terjebak di dalam gusi sehingga pertumbuhannya tidak sempurna. Kondisi ini dinamakan impaksi

Owner Health Dental Care (HDC) Klinik Gigi, drg Hilda Syafei menuturkan setidaknya 90% orang Asia mengalami kondisi impaksi.

Benih gigi bungsu sendiri biasanya mulai tumbuh pada usia 17 tahun. Namun saat ini sudah mulai ditemukan pada remaja usia 14 tahun.

BACA JUGA:Pemuda Cirebon Dituduh Sebagai Bjorka, Muhammad Said Fikriansyah: IG Saya Sempat Dihack

BACA JUGA:Si Joni Tak Kuat Menahan Nafsu, Karyawan Toko Roti Hampir Jadi Korban, Sudah Dipeluk dan Diremas

Kondisi impaksi ini ada yang bergejala secara langsung dan tidak. Impaksi gigi bisa terjadi karena berbagai alasan.

Diantaranya, rahang terlalu kecil sehingga tidak ada cukup ruang untuk gigi tumbuh, gigi menjadi bengkok atau miring ketika berusaha tumbuh, gigi lain sudah tumbuh dalam posisi yang tidak beraturan sehingga menghalangi gigi bungsu.

"Jika gigi tumbuh tidak wajar, akan terasa bengkak dan sakit," tuturnya.

Namun ada pula yang tidak mengalami pembengakakan gusi. Beberapa gejala impaksi lain yang dialami seperti misalnya kerap mengalami pusing disertai leher dan bahu yang kencang secara terus menerus.

BACA JUGA:Bjorka, Kamu Ketahuan, Mahfud MD: Tidak Punya Keahlian Membobol

BACA JUGA:Identitas Hacker Bjorka, Disebut Orang Cirebon, Nama Said Fikriansyah, Faktanya?

Tiba-tiba sakit menelan hingga kerap pingsan karena nyeri kepala. Jika hal tersebut kerap terjadi berulang, perlu diwaspadai adanya impaksi.

"Saat mengalami gejala tersebut sebaiknya melakukan rontgen panoramic untuk mengetahui pertumbuhan gigi bungsu," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: