Obyek Wisata Cibulan

Obyek Wisata Cibulan

Mitos ikan dewa di Objek Wisata Cibulan, Kabupaten Kuningan yang dikaitkan dengan kisan prajurit Prabu Siliwangi.-M Taufik-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Cibulan adalah sebuah nama obyek wisata tertua yang ada di Kuningan, Jawa
Barat, Indonesia , saat ini menjadi tempat liburan favorit yang diresmikan oleh Bupati Kuningan
27 Agustus 1939 saat itu, yaitu R.A.A Mohamand Achmad.

Didalam obyek ini terdapat dua kolam yang besar berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35x15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter. Sedangkan, kolam kedua berukuran 45x15 meter persegi
yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama kedalaman 60 centimeter dan bagian kedua dengan kedalaman 12 centimeter.

Menurut cerita yang berkembang di kalangan masyarakat Desa Maniskidul dan masyarakat kuningan pada umumnya, Ikan Dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulu nya adalah prajurit-prajurit perang yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Singkat cerita, prajurit-prajurit pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi Ikan.

Konon katanya, ikan-ikan yang ada di Cibulan ini jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah dari dulunya.Terlepas dari benar atau tidak legenda tersebut masi di pegang erta oleh masyarak sekitar.Masyarakat sekitar juga tidak ada yang berani mengambil atau memancing ikan ini karena ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani menggangu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.

BACA JUGA:Lambungkan Image Teh Indonesia di Mata Dunia, BRI Dukung UMKM Sila Tea di Pasar Tong Tong Belanda

Letak Lokasi

Wisata Cibulan ini terletak di desa Maniskidul, kelurahan Jalaksana, kecamatan Kuningan, Jawa Barat. Cibulan ini masih berada di kawasan kaki gunung Ciremai, yang mana bisa kita ketahui bersama cuaca di sini masih sangat sejuk dan asri tentunya.

Daya Tarik

Obyek Wisata Pemandian Cibulan di Jalaksana Kuningan Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah jalaksana juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Tempat rekreasi ini dilengkapi pula dengan fasilitas khas tempat pemandian, seperti tempat ganti pakaian, 6 buah kamar kecil dan 2 buah kamar mandi untuk tempat bilas seusai berenang. Ikan dewa merupakan ikan berjenis Kancra Bodas atau yang berbahasa latin Cyprinus Carpico. Namun Anda jangan takut dengan keberadaannya pada saat berenang di dalam kolam.

Ikan dewa terkenal sangat ramah kepada pengunjung. Bila Anda membawa makanan berupa roti atau kacang, ikan ini akan mendekati sambil mengambil makanan yang diberikan. Air yang bersih dan jernih membuat Pemandian Cibulan sangat diminati oleh masyarakat sekitar dan luar kota. Bahkan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menjadikan air Cibulan sebagai sumber mata air.

BACA JUGA:Menko Airlangga Sebut Indonesia Makin Diperhitungkan Dunia

Fasilitas
Obyek wisata pemandian Cibulan memiliki beberapa fasilitas di antaranya sebagai berikut :
- Area Parkiran
- Mushola
- Kamar Mandi / Wc
- Penginapan
- Dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota kuningan sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasiObyek Wisata Pemandian Cibulan di Jalaksana Kuningan Jawa Barat . Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar.

Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota kuningan saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar. Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Obyek Wisata Pemandian Cibulan di Jalaksana Kuningan Jawa Barat dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi.

BACA JUGA:Salurkan Bantuan Sarana Air Bersih dan Bibit Pohon Jadi Wujud Komitmen PLN terhadap Kelestarian Lingkungan

Anda bisa meminta panduan arah ke Obyek Wisata Pemandian Cibulan di Jalaksana Kuningan Jawa Barat di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada
memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Obyek Wisata Pemandian Cibulan di Jalaksana.(adam dava)

BACA JUGA:Dukung Pelajar Semakin di Depan, Yamaha Resmikan Kelas Khusus di SMK ICB Cinta Teknika, Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: