Jalur Terdekat Menuju Gunung Ciremai! Jalur Apuy jadi Andalan Pendaki Gunung Tertinggi Jawa Barat

Jalur Terdekat Menuju Gunung Ciremai! Jalur Apuy jadi Andalan Pendaki Gunung Tertinggi Jawa Barat

Gunung Ciremai adalah salah satu gunung yang ada di Indonesia, tercatat juga sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat mengalahkan Gunung Papandayan dan Gunung Guntur--

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Gunung Ciremai adalah salah satu gunung yang ada di Indonesia, tercatat juga sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat mengalahkan Gunung Papandayan dan Gunung Guntur.

Gunung yang berada di dua kabupaten, yaitu Kuningan dan Majalengka ini memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut.

Setiap pendaki diizinkan menjalankan kegiatan pendakian Gunung Ciremai hanya untuk perjalanan 2 hari 1 malam oleh Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Terdapat 4 jalur pendakian untuk menuju puncak gunung Ciremai, diantaranya adalah jalur pendakian Linggarjati, Palutungan, Linggasana, dan Apuy. Keempat jalur tersebut memiliki jarak dan tantangan yang berbeda.

BACA JUGA:Public Expose Live 2022 Ditutup Catatkan Rekor Baru Jumlah Peserta

Jalur Linggarjati dikenal sebagai jalur pendakian paling panjang dibanding tiga jalur lainnya. Butuh waktu 10-13 jam  untuk mencapai puncak gunung tertinggi di Jawa Barat ini, namun tak jarang pendaki yang sengaja melalui jalur ini.

Selain jalur terpanjang, ada jalur terdekat yang harus kamu jelajahi juga. Apuy menjadi jalur pendakian yang banyak dipilih untuk mendaki ke puncak gunung Ciremai.

Tak heran jalur Apuy menjadi favorit para pendaki pemula karena jarak yang ditempuh pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam.

Mari mengenal jalur pendakian Apuy yang dikenal sebagai jalur terpendek untuk mencapai puncak gunung Ciremai.

Untuk menuju basecamp Apuy, kita harus melewati jalan yang agak rusak dan sempit sehingga biasanya pendaki menggunakan alat transfortasi milik warna sekitar seperti motor dan mobil pengangkut sayur untuk memudahkan akses menuju basecamp.

BACA JUGA:MAH Mengakui Bantu Bjorka, Jual Channel Telegram, Kini Jadi Tersangka Tapi Tidak Ditahan

Jalur terdekat menuju puncak Ciremai ini terdapaf 6 pos. Dari basecamp menuju pos 1 atau yang disebut juga pos Arban adalah jalur yang berupa trek tanah dan bebatuan kerikil dengan medan yang terus menanjak hingga tiba di pos selanjutnya, pos Tegal Pasang.

Perjalanan dari pos 1 sudah melihatkan medan yang cukup ekstrim tapi masih mudah untuk dilalui dibanding dengan jalur lainnya, bawa persiapan yang cukup dan tetap berhati-hati.

Dari pos 1 ke pos 2 butuh waktu sekitar 30 menit.
Pos 2 ke pos 3 memakan waktu sekitar 1 jam.
Selanjutnya diperkirakan butuh waktu 45 menit saja untuk mencapai pos 4.
Sedikit lebih lama, 1,5 jam adalah waktu yang ditempuh untuk sampai ke pos 5.
Di pos 5 ke pos 6 atau Goa Walet, bisa memakan waktu hingga 2 jam.  
Untuk perjalanan turun biasanya cukup 6 jam saja.

BACA JUGA:Parah! Rentenir Robohkan Rumah di Garut, Gara-gara Utang Rp 1,3 Juta

Setelah pos Tegal Pasang, disarankan berangkat sekitar pukul 04.00 atau lebih 30  menit. Dari sini kita akan menemukan Simpang Aput, yang merupakan pertemuan antara jalur Apuy dengan jalur Palutungan, untuk menjumpai Goa Walet. Jika sudah berada di pos ini, kita hanya perlu waktu 30 menit saja untuk sampai di puncak gunung Ciremai.
Butuh mengeluarkan tiket seharga Rp 50.000,. an untuk melakukan pendakian ke Gunung Ciremai. Di perjalanan pendakian kita akan diperlihatkan pemandangan yang sangat segar.(Cut Agni Af)

BACA JUGA:GNM Shipping Marindo Jalin Persaudaraan dengan Donasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: