Lulusan Bentani College Bisa Lanjut Program RPL

Lulusan Bentani College Bisa Lanjut Program RPL

Dengan diluncurkannya program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), kini semua lulusan dan alumni Bentani College bisa mengikuti pembelajaran lanjutan di beberapa Universitas ternama.-BENTANI COLLEGE-RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIREBON - Kabar gembira untuk lulusan LKP Bentani College. Dengan diluncurkannya program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), kini semua lulusan dan alumni Bentani College bisa mengikuti pembelajaran lanjutan di beberapa universitas ternama. 

Pimpinan LKP Bentani College, Monika Bahari menuturkan RPL merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Pengakuan atas capaian pembelajaran ini dimaksudkan untuk menempatkan seseorang pada jenjang kualifikasi sesuai dengan jenjang pada KKNI untuk disandingkan, disetarakan, dan diintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja.

BACA JUGA:Hindari Social Engineering, Pakar Keamanan Siber Imbau Masyarakat Tidak Asal Klik Link Dan Install Aplikasi

Serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor yang selanjutnya dapat dipergunakan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Program ini dibuat oleh direktorat jenderal pendidikan vokasi mengacu pada landasan Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 bahwa program RPL sudah disesuaikan dengan Permenristekdikti No.26 tahun 2016.

"Tujuan dari program ini untuk dapat meningkatkan jumlah angkatan kerja yang terdidik dan berkeahlian," tuturnya. 

BACA JUGA:Teruntuk Pengunjung Pantai Kejawanan Cirebon, Jangan Buang Sampah Sembarangan!

Saat ini Kampus yang telah bekerjasama dengan Bentani College untuk program RPL diantaranya Akademik Pariwisata Yasmi untuk jenjang Diploma 3.

Adapun PTN yang digandeng oleh Dirjen Pendidikan Vokasi mulai dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Terbuka, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Negeri Surabaya.

Untuk dapat mengikuti program RPL ini, cukup dengan mengunggah sertifikat dan transkip nilai yang didapatkan di Bentani College. "Mulai lulusan tahun 2022 ini dan seluruh alumni yang pernah belajar di Bentani College, bisa mengikuti program RPL," ungkapnya.

BACA JUGA:Berkasnya Sudah P-21, Ferdy Sambo dan Kawan-kawan Segera Disidang

Diharapkan dengan adanya program ini para alumni yang belum melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dapat melanjutkan melalui program RPL yang telah di bangun oleh Bentani College dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta. Program ini mempermudah peserta didik agar dapat melanjutkan pendidikan formal.

"Program ini juga dapat melayani anak yang berada di wilayah 3T yakni Tertinggal, Terdepan, dan Tertular," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase