Mahasiswa IPB Cirebon Setahun Kuliah di Jepang

Mahasiswa IPB Cirebon Setahun Kuliah di Jepang

KE JEPANG: Dari Kiri: Ketua IPB Cirebon Dr Mahfud MSi Kom, Robbi Gunawan dan Sensei Yanti Hidayati SPd MHum. Seremoni pelepasan mahasiswa IPB Cirebon di kampus setempat, Jumat (30/9).-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Robbi Gunawan berhasil lolos sebagai mahasiswa yang menjalani pendidikan di Hiroshima University Jepang selama 1 tahun. Seremoni pelepasan mahasiswa Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Cirebon itu dipimpin Ketua IPB Cirebon Dr Mahfud MSi Kom di kampus setempat, Jumat (30/9).

Selama di Jepang, Robbi menempuh Pendidikan Bahasa Jepang. Semua biaya kuliah ditanggung. Termasuk biaya sewa apartemen hingga akomodasi sehari-hari. Di awal sebagai mahasiswa Jepang, Robbi menjalani studi khusus mahasiswa asing.

Seputar sistem pendidikan di Negeri Matahari Terbit tersebut. Cara menyusun laporan, kelas budaya di Jepang serta lain-lain. Ia menjadi satu-satunya perwakilan dari IPB Cirebon yang berangkat tahun ini.

Segala keperluan disiapkan mahasiswa semester 5 Prodi Sastra Jepang itu. Pertama adalah persiapan mental. Ia mengaku sejak awal memiliki ketertarikan tinggi berkuliah di Jepang.

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan Disorot Media Asing, Kritisi Tindakan Polisi Saat Melakukan Pengamanan

Namun seringkali pikiran pesimistis itu menghambat. Kekhawatiran hidup di negeri orang, perbedaan budaya dijadikan tantangan. Robbi juga mengutamakan izin keluarga. Terutama orang tua.

Terhitung sejak Minggu kemarin (2/10) Robbi bertolak ke Negara Sakura tersebut. Program study selama 1 tahun ini, jelas Roby, telah melalui pertimbangan matang. Selain konsultasi dengan orang tua, juga merupakan saran dari Ketua Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon Sensei Yanti Hidayati SPd MHum.

Setelah program pendidikan ini, Robbi berencana meneruskan dengan program magang di Jepang selama 6 bulan. Sejumlah alasan melatarbelakangi Robbi memutuskan pergi ke Jepang.

BACA JUGA:2 Polisi yang Gugur dalam Tragedi Kanjuruhan Dinaikkan Pangkat

Ia mengaku ingin memiliki pengalaman dan mempelajari kebiasaan hidup di Jepang sebagai negara dengan sistem pendidikan yang maju.

“Terus ingin cari pengalaman, terutama Jepang terkenal dengan kedisiplinannya. Jadi ingin merasakan secara langsung kedisiplinan di Jepang," pungkasnya.

BACA JUGA:Nikita Mirzani Dukung Baim Wong Dipenjara, Sahabat Polisi: Kami Harus Bertindak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: