FOP Kabupaten Cirebon Pertandingkan Dua Cabang Olahraga

FOP Kabupaten Cirebon Pertandingkan Dua Cabang Olahraga

LEPAS BALON: Kadisdik Kabupaten Cirebon H Ronianto SPd MM membuka Festival Olahraga Pendidikan (FOP) yang baru pertama digelar di Stadion Ranggajati Sumber Kabupaten Cirebon, Rabu (5/10).-ISTIMEWA/RADAR CIREBON-

CIREBON - Ratusan atlet pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA (sederajat) mengikuti Festival Olahraga Pendidikan (FOP) Kabupaten Cirebon Tahun 2022. Acara pembukaan FOP, yang baru pertama kali digelar tersebut, dilakukan di Stadion Ranggajati Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (5/10).

Sebanyak 305 atlet terlibat dalam FOP perdana kali ini. Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni atletik dan pencak silat. Cabang olahraga atletik digelar di Stadion Ranggajati, Sumber, mempertandingkan lari 60 meter untuk kategori SD/sederajat. Untuk SMP/sederajat adalah lari 80 meter. Sedangkan untuk SMA/sederajat, mempertandingkan lari 100 meter. Semuanya putra dan putri. Untuk cabang pencak silat, digelar di GOR Satria Laga Watubelah. Untuk semua kategori (SD, SMP, SMA/sederajat) mempertandingkan tunggal putra/putri.

BACA JUGA:Mika Prorina, Pesilat Laskar Macan Ali Siap Berlaga di Garut, Targetkan Juara

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Cirebon H Ronianto SPd MM mengatakan, dalam rangka menyukseskan program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), sebagai perwujudan sistem festival dan kompetisi olahraga pelajar berkualitas, terencana, berjenjang dan berkelanjutan, maka digelarlah FOP.

“Untuk melakukan pembinaan kepada para atlet pelajar, sebuah kompetisi diperlukan, guna mengukur mental dan kemampuan. Salah satunya adalah mengikuti FOP. Ini cukup penting diadakan,” kata Kadisdik kepada para wartawan.

Sementara itu, Ketua Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Kabupaten Cirebon Ahmad Abdulah Sapei SPd menyebut bahwa FOP digelar cukup semarak meskipun dengan dana mandiri para peserta dari sekolah masing-masing. “Meski dengan dana mandiri sekolah masing-masing, alhamdulillah kami bersyukur bisa melaksanakan FOP, yang perdana pula,” ucapnya.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-17 Menang 3-2 Lawan UEA, Misi Puncaki Klasemen Berjalan Sukses

Dia berharap, ke depan, event olahraga yang dipertandingkan dalam FOP bisa dikolaborasikan, baik dengan Dinas Pendidikan, serta dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon. Tentunya bertujuan untuk menjaring bibit atlet olahraga cabang atletik maupun silat.

“Insya Allah kegiatan FOP berkelanjutan. Semoga bisa bertambah cabang olahraga yang dipertandingkan, dan tentunya lebih menggairahkan olahraga pelajar di Kabupaten Cirebon,” ucapnya. (mid)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: