Malam Panjang Jimat di Keraton Kasepuhan Tidak Dihadiri Sultan Sepuh

Malam Panjang Jimat di Keraton Kasepuhan Tidak Dihadiri Sultan Sepuh

Prosesi tradisi panjang jimat di Keraton Kasepuhan Cirebon berlangsung khidmat, Sabtu malam 8 Oktober 2022.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

Radarcirebon.com, CIREBON - Tradisi panjang jimat merupakan puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang telah menjadi tradisi turun temurun sejak ratusan tahun lalu di sejumlah keraton Kasultanan Cirebon.

Salah satunya digelar Keraton Kasepuhan Cirebon. Prosesi tradisi panjang jimat di Keraton Kasepuhan Cirebon berlangsung khidmat pasca pandemi Covid-19 dan dihadiri ribuan masyarakat dalam maupun luar Kota Cirebon.

Seluruh perangkat upacara panjang jimat terlihat tertata di bangsal Panembahan, Prabayaksa dan Pringgandani Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu malam 8 Oktober 2022.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bertemu Megawati di Batutulis Bogor, Apa yang Dibahas?

Perangkat dalam upacara itu terdiri dari lilin, air mawar, panjang (tabsi yang berisi nasi Rosul), guci, empat buah baki serta tumpeng jeneng dan nasi uduk. Seluruh perangkat itu memiliki makna tersendiri.

Selain itu, guci yang berisi air serbad, menggambarkan darah yang keluar dari proses kelahiran.

Baki berjumlah empat berisi botol minuman, menggambarkan manusia terdiri dari empat unsur. 

Sedangkan tumpeng jeneng dan nasi uduk, menggambarkan pemberian nama yang baik untuk bayi yang baru lahir.

BACA JUGA:Jawa Barat Latih Pelaku UMKM dan Petani Ekspor Mandiri

Selanjutnya, seluruh perangkat itu dibawa oleh iring-iringan abdi dalem dari Bangsal Prabayaksa Keraton Kasepuhan menuju Langgar Agung. 

Di Langgar Agung, kemudian dilaksanakan shalawatan dan pengajian kitab Barjanzi hingga tengah malam.

Setelah itu, nasi jimat dan makanan lain yang disajikan di atas piring pusaka peninggalan Sunan Gunung Jati pun disantap bersama.

Yang unik dalam malam prosesi ritual panjang jimat pada tahun 2022 ini yakni tidak hadirnya Sultan Sepuh XV Keraton Kasepuhan PRA Luqman Zulkaedin

BACA JUGA:Waspada! Mulai 8-10 Oktober 2022, Sebagian Wilayah Jawa Barat Dilanda Hujan Sedang Hingga Lebat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase