PT Niri Cirebon, Menyelami Sejarah Perusahaan Sambil Kulineran

PT Niri Cirebon, Menyelami Sejarah Perusahaan Sambil Kulineran

PT Niri Cirebon yang bekas gedungnya kini menjadi museum dan Niri Cafe Dine and Else.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - PT Niri Cirebon memiliki sejarah panjang sejak didirikan oleh sosok perintis hingga kini diteruskan generasi keempat.

Menariknya, untuk mengenang PT Niri Cirebon, kini didirikan sebuah area kuliner dan museum dengan nama Niri Cafe Dine and Else di Jalan Talang.

Pengunjung yang datang ke setra kuliner tersebut, tidak hanya disuguhka dengan beragam kuliner tetapi juga sejarah perusahaan PT Niri Cirebon yang kini telah berkembang menjadi perusahaan nasional.

Dari diorama yang dihadirkan, pengunjung dapat melihat juga merasakan bagaimana perusahaan tersebut dirintis sedari nol. Kemudian berkembang dan hingga kini telah berada di tangan generasi keempat.

BACA JUGA:Agama Farel Prayoga Non Muslim, Ditanya Gus Miftah Bisa Ngaji Atau Tidak, Begini Penjelasannya

BACA JUGA:Klarifikasi Yusuf Mansur: Bukan Komisaris Grab, Tapi Advisor

Tentunya, keberadaan Niri Cafe Dine and Else di kawasan tersebut, telah menjadi perhatian baru bagi masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya.

Masyarakat yang datang berkunjung tidak sekadar menikmati suasana estetik. Tapi juga diajak meresapi perjuangan Liem Goan Kwie dan Ong Ang Kam Nio, juga Liem Kim Pa dan Sih Hian Ni hingga perusahaan tersebut bisa seperti sekarang.

Keberadaan museum tersebut memang didedikasikan untuk sosok-sosok itu. Yang telah bekerja keras menghadirkan kualitas kehidupan yang lebih baik bagi generasi penerus mereka.

Niri bermula dari Perusahaan Dagang NV Liem Hoan Kwie yang didirikan tahun 1919 di Tegal, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-17 akan Hadapi Malaysia U-17, Osmera bin Omaro: Bola Itu Bundar

BACA JUGA:AC Milan Cukur Juventus 2-0, Massimiliano Allegri Kecewa

Perusahaan ini memulai kiprahnya dengan berdagang hasil bumi seperti gula, beras, kedelai dan kapuk.

Kemudian di tahun 1929, Lim Goan Kwie mulai membangun reservoir tetes tebu di Tegal. Hal tersebut sesuai dengan dokumentasi yang ditulis oleh De Locomotief, 1, Maret 1929.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: