Ibu Kota Jawa Barat Pindah, Pilihannya: Walini, Kertajati hingga Tegalluar

Ibu Kota Jawa Barat Pindah, Pilihannya: Walini, Kertajati hingga Tegalluar

Wacana Ibu Kota Provinsi Jawa Barat pindah kembali mencuat usai mendekati tuntasnya pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung.-Setkab-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, BANDUNG - Ibu Kota Jawa Barat (Jabar) direncanakan bakal pindah dari Kota Bandung, dengan opsi tiga daerah pengganti.

Diantaranya 3 opsi daerah pengganti bila ibu kota Jawa Barat Pindah adalah Kertajati, Walini hingga Tegalluar.

Namun, melihat kesiapan dan adanya kereta cepat, besar kemungkinan ibu kota Jawa Barat pindah ke Tegalluar yang juga menjadi pemberhentian akhir Kerta Cepat Jakarta Bandung.

Wacana mengenai pemindahan ibu kota Jabar memang bukan sekali ini mengemuka. Bahkan sejak 3 tahun lalu sudah muncul.

BACA JUGA:Diduga Hendak Tawuran, Pelajar di Arjawinangun Cirebon Kumpul di Kuburan, Eh Ketahuan

BACA JUGA:Asam Lambung Naik? Coba Deh Konsumsi Bahan Makanan Ini..

Termasuk 3 daerah yang digadang-gadang dipertimbangkan sebagai tempat baru bagi Ibu Kota Jawa Barat, yakni, Walini, Tegalluar dan Kertajati.

Kendati demikian, dengan adanya stasiun kereta cepat di Tegalluar, besar kemungkinan ibu kota Jawa Barat pindah ke tempat tersebut.

Tegalluar berada di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Yang juga menjadi pemberhentian akhir dari Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Sedangkan di Walini, hingga kini belum pasti apakah nantinya akan ada stasiun atau tidak. Mengingat saat ini, kereta cepat hanya akan berhenti di Stasiun Halim Jakarta Timur, Kabupaten Karawang, Padalarang dan Teggalluar.

BACA JUGA:Arak-arakan Gegesik Rusuh karena Bentrok Pemuda, Kapolresta Cirebon Sebut Pengaruh Miras

BACA JUGA:Hasil Liga Europa 2022-2023: AS Roma Harus Berbagi Angka 1-1 dengan Real Betis

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, dengan adanya dukungan transportasi kereta cepat, besar kemungkinan ibu kota Jawa Barat dipindahkan ke Tegalluar.

"Pak Gubernur menyampaikan ini menjadi satu opsi. Besar kemungkinannya untuk menjadi ibu kot Provinsi Jawa Barat," kata Dwiyana, di Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kamis, 13, Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: