Inilah Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dari BMKG Sampai 21 Oktober 2022 Mendatang

Inilah Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dari BMKG Sampai 21 Oktober 2022 Mendatang

BMKG.-bmkg-bmkg

Radarcirebon.com, JAKARTA,- Badan Meteorologi, Klimatolog dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan Peringatan Dini, waspada cuaca ekstrem periode 15 Oktober hingga 21 Oktober 2022. 

Potensi cuaca ekstrem tersebut masih dapat terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini disebabkan kondisi atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup kompleks dan dinamis untuk sepekan kedepan, yang dipengaruhi oleh fenomena atmosfer global, regional ataupun lokal.

BACA JUGA:Pentolan Bonek Andie Peci Sebut Dirijen Aremania Harus Diperiksa Setelah Tragedi Kanjuruhan

Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya Siklon Tropis SONCA di sekitar Laut China Selatan sebelah timur Vietnam, tepatnya di sekitar 14.2°LU 111.4°BT dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistem mencapai 35 knots (64 km/h) dan tekanan udara minimum di pusatnya mencapai 998 mb. 

Siklon Tropis SONCA ini bergerak ke arah barat-barat laut dengan kecepatan 6 knots (10 km/h) memasuki daratan Vietnam. 

Keberadaan sistem TC SONCA ini membentuk pola belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktifitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian utara ekuator. 

BACA JUGA:Presiden FIFA ke Indonesia, Bertemu dengan Presiden Jokowi, Tidak Ada Ketua PSSI

Dampak tidak langsung yang terjadi dari adanya sistem bibit siklon tersebut adalah potensi hujan Sedang-Lebat yang disertai kilat/petir/angin kencang di wilayah Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat dengan potensi gelombang tinggi di wilayah perairan utara Indonesia.

Sementara itu, beberapa gelombang ekuatorial masih cukup aktif di wilayah Indonesia, dimana fenomena Gelombang Kelvin, Rossby Ekuatorial, dan fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) masih dapat berkontribusi dalam meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan kedepan.

BACA JUGA:Kecelakaan Lagi di Tol Kanci Pejagan, Bus AKAP Tabrak Tronton, 3 Orang Meninggal

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksikan potensi curah hujan dengan Intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 15-21 Oktober 2022 di wilayah sebagai berikut:

    Aceh

    Sumatera Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase