14 Rumah Sakit Rujukan Pasien Gagal Ginjal Akut pada Anak, Catat ya Bunda...

14 Rumah Sakit Rujukan Pasien Gagal Ginjal Akut pada Anak, Catat ya Bunda...

Foto hanya ilustrasi. -(Pixabay)-

Radarcirebon.com, JAKARTA - 14 rumah sakit rujukan untuk pasien gagal ginjal akut pada anak di seluruh Indonesia bisa dilihat di bagian akhir artikel ini.

Kasus gagal ginjal pada anak menguncang Indonesia beberapa hari terakhir. Pandemi Covid-19 belum lagi berakhir, kini sudah ada ancaman penyakit baru yang disebut masih misterius.

Kasus gagal ginjal akut ini menyerang anak-anak usia 6 bulan hingga 18 tahun.

Penyebab gagal ginjal akut masih dalam penelitian. Namun hingga saat ini, Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan bahwa, total sudah ada 206 anak yang dilaporkan mengalami gagal ginjal akut. 

Tingkat kematiannya pun cukup tinggi. Berdasarkan data per Selasa, 18 Oktober 2022, tingkat kematian akibat penyakit ini mencapai 48 persen.

BACA JUGA:Perampokan Minimasket, 2 Pelaku Menodongkan Pedang, Bawa Kabur Rp46 Juta

BACA JUGA:Terlanjur Minum Obat Sirup, Sekarang Dilarang, Harus Gimana? Ini Jawaban dr Edial

Semakin waspada dengan penyakit baru ini, akhirnya Kemenkes merilis daftar rumah sakit rujukan pasien gagal ginjal akut di Indonesia.

Dijelaskan Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Murti Utami, rumah sakit rujukan ini harus menyediakan sejumlah fasilitas tertentu.

Fasilitas tertentu yang dimakasud seperti ruangan intensif berupa high Care Unit (HCU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

"Fasilitas pelayanan Kesehatan yang tidak memiliki fasilitas dimaksud dan/atau sarana prasarana lain sesuai dengan kebutuhan medis pasien harus melakukan rujukan ke Rumah Sakit yang memiliki dokter spesialis ginjal anak dan fasilitas hemodialisis anak," jelas Murti melalui surat edaran yang diterima detikcom, Rabu, 19 Oktober 2022.

Tata pelaksanaan pasien rumah sakit ini mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/3305/2022 tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) Pada Anak di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

BACA JUGA:Rekap Denmark Open 2022 Hari Pertama: Ganda Putra Ranking 1 Dunia Tumbang hingga Superioritas Fajar/Rian

Dalam edaran tersebut, Murti mengimbau agar anak-anak yang memiliki gejala awal gangguan ginjal akut harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway