Komisi I DPRD Kota Cirebon Dukung Pemindahan Mapolres Cirebon Kota

Komisi I DPRD Kota Cirebon Dukung Pemindahan Mapolres Cirebon Kota

Kapolres Ciko AKBP M Fahri Siregar memberikan cinderamata kepada Ketua Komisi 1 DPRD Kota Cirebon Dani Mardani di Mapolres Ciko, Kamis 20 Oktober 2022.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

Radarcirebon.com, CIREBON - Rencana pemindahan kantor Polres Cirebon Kota dari Jalan Veteran ke eks Pusdiklatpri Jl DR Cipto Mangunkusumo mendapat dukungan dari Komisi 1 DPRD Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi 1 DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani kepada radarcirebon.com usai menghadiri rapat kerja Komisi 1 dengan Polres Cirebon Kota (Ciko) di Mapolres Cirebon Kota, Kamis 20 Oktober 2022.

"Tadi kami menggelar rapat kerja komisi 1 dengan Polres Cirebon Kota membahas tentang sutuasi keamanan dan ketertiban umum di  Kota Cirebon sekaligus memberikan dukungan terkait rencana pemindahan Mapolres Ciko ke eks asrama haji atau Pusdiklatpri jalan Cipto Mangunkusumo," ungkapnya.

BACA JUGA:Jauhi Obat Sirup Karena Berbahaya, Beralihlah ke Bawang Merah Sebagai Alternatifnya

Ketua DPD PAN Kota Cirebon ini menuturkan, pembangunan atau pemindahan Mapolres Ciko tersebut direncanakan di tahun 2024.

"Lahan di eks asrama haji atau Pusdiklatpri itu seluas 13.490 m2. Wilayah hukum Polres Ciko saat ini tidak hanya melayani masyarakat Kota Cirebon saja, tapi juga masyarakat di 6 kecamatan Kabupaten Cirebon, sehingga kondisi Mapolres Ciko saat ini kurang memadai dan perlu kantor yang lebih luas," tuturnya.

Dani juga berharap Pemerintah Kota Cirebon memberikan perhatian khusus terhadap rencana pemindahan Mapolres Ciko tersebut.

BACA JUGA:Hasil Survei LSI Soal Tragedi Kanjuruhan: Polisi dan Penyelenggara Liga Pihak yang Paling Bertanggung Jawab

"Harapan kami dari Komisi 1 agar Pemerintah Kota Cirebon juga memberikan perhatian khusus jika kegiatan pembanguna itu mulai dilakukan.”

“Setidaknya Pemerintah Kota Cirebon ikut berpartisipasi dalam pemenuhan sarana prasarana pendukung lainya dalam rangka optimalisasi pelayana bagi masyarakat," ujarnya.

Menurut Bakal Calon Walikota Cirebon dari PAN ini, angkat kriminalitas di Kota Cirebon mengalami penurunan tajam.

"Berdasarkan pemaparan yang disampaikan Kapolres Ciko AKBP M Fahri Siregar bahwa situasi atau kondisi keamanan dan ketetiban di Kota Cirebon angka kriminalitasnya menurun tajam.”

BACA JUGA:Bencana Banjir Melanda Wilayah Jawa Timur, BRI Peduli Tanggap Darurat Salurkan Bantuan

“Tentunya kami sangat apresiasi semoga ini bisa menjadi modal dasar sekaligus daya dukung Kota Cirebon sebagai kota perdagangan jasa dan parawisata kami ucapkan terimakasih sekaligus apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Kapolres Ciko atas dedikasinya yg begitu luar biasa," pungkasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kapolres Cirebon Kota (Ciko) AKBP M Fahri Siregar mengatakan, Polres Cirebon Kota saat ini membawahi 9 polsek baik di Kota maupun Kabupaten Cirebon.

"Untuk angka kriminalitas di Kota Cirebon saat ini angkanya turun. kami telah berhasil mengungkap beberapa kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.”

BACA JUGA:AKP Manaek S Ritonga, Kapolsek dengan Jumlah Harta Kekayaan Lebih Banyak dari Kapolri

“Salah satunya kami mengungkap kasus peredaran Narkotika jenis ganja seberat 1Kg lebih," katanya.

Masih kata AKBP M Fahri, banyak program yang dicanangkan pihaknya dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Program yang kami saat ini kami jalankan yakni Policing in new era, antara lain Community Policing, Predictive Policing, Proactive Policing, Collaborative Policing, Problem Oriented Policing dan E-Policing.

BACA JUGA:Patuh, Perumda Farmasi Kota Cirebon untuk Sementara Tidak Menjual Obat Sirup

“Kami juga melakukan program 100 tajug 1000 Alquran. Lalu bagi-bagi sembako terutama kepada driver ojek online pasca kenaikan harga BBM bersubsidi.”

“Kami akan mempunyai Satpas Prototype. Untuk membantu anggota Polri dalam mendapatkan rumah, kami bekerjasama dengan TuresmiLand," paparnya. (rdh)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase