Inilah Durasi Penyembuhan Pasien Gagal Ginjal Akut

Inilah Durasi Penyembuhan Pasien Gagal Ginjal Akut

Ilustrasi pasien gagal ginjal akut. Foto: -Unsplash/Olga Kononenko -

Radarcirebon.com, JAKARTA - Tiga Minggu adalah waktu untuk proses penyembuhan penyakit gagal ginjal akut misterius pada anak.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Lies Dina Liastuti saat konferensi pers di Gedung RSCM, Jakarta Pusat, Kamis 20 Oktober 2022.

“Prosesnya 10 hari, ada yang seminggu, ada yang sampe 3 minggu lebih tapi gak ada yang kurang itu,” ujar Lies. 

Kendati demikian, Lies memaparkan bahwa waktu penyembuhan gagal ginjal akut tersebut tetap dikembalikan lagi pada kondisi pasiennya. 

BACA JUGA:Beda Gagal Ginjal Akut Anak dengan Gagal Ginjal karena Komplikasi, Simak Keterangan dr Fariz

Ia mengatakan jika proses penyembuhan tersebut memakan waktu yang cukup lama lantaran perlu dilakukannya tata penanganan pasien dan tindak lanjut atas kasus yang menyerang ginjal anak itu.

"Beda-beda. Ya Cukup lama karena kita mengobatinya dengan mengeluarkan racun yang ada, gimana supaya keluar urinenya, itu cukup lama,” jelasnya. 

Lebih lanjut, RSCM pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, khususnya para orang tua. 

BACA JUGA:Pasca Kalah 3-0 dari Fulham, Aston Villa Resmi Pecat Steven Gerrard

Dalam menangani kasus tersebut, RSCM pun meminta kepada seluruh orang tua untuk tetap memperhatikan pola hidup anaknya agar anaknya tidak mengkonsumsi obat yang mengandung zat kimia berbahaya. 

“Kalau ada sesuatu hal yang mencurigakan ke arah yang tidak baik, misalkan tidak bisa kencing," jelas Lies. 

"Jadi mulai dari kesadaran dulu, karena kan obat itu berada dalam darah masuk otak juga. Mulai keliatan kaya ngantuk, lemes gitu jadi cepet-cepet, segera (laporkan),” tegasnya.

BACA JUGA:SHELL bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 Siap Digelar di Sirkuit Sentul 22-23 Oktober

Diberitakan sebelumnya, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat telah menerima 49 pasien penyakit gagal ginjal akut sejak Januari hingga Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase