Kasus Gagal Ginjal Akut di Cirebon, Amit-amit Jangan Ada, Tapi RSD Gunung Jati Cirebon Sudah Bentuk Tim

Kasus Gagal Ginjal Akut di Cirebon, Amit-amit Jangan Ada, Tapi RSD Gunung Jati Cirebon Sudah Bentuk Tim

Direktur RSD Gunung Jati dr Katibi MKM didampingi dokter spesialis penyakit dalam, dr Wizhar Samsuri SpPD memberikan keterangan terkait dengan penyakit gagal ginjal akut pada anak.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Kasus gagal ginjal akut pada anak atau acute kidney injury (AKI) belum ditemukan di wilayah Cirebon, kendati demikian RSD Gunung Jati sudah membentuk tim untuk kewaspadaan.

Kendati di wilayah Cirebon belum ditemukan kasus gagal ginjal akut pada anak, tetapi orang tua diimbau untuk tetap waspada dan melakukan deteksi dini.

Direktur RSD Gunung Jati Kota Cirebon, dr Katibi MKM menjelaskan, kasus gagal ginjal akut pada anak, sekarang ini memang sedang menjadi concern.

Karena itu, RSD Gunung Jati membentuk tim dan salah satu anggota tim tersebut adalah dr Wizhar Samsuri SpPD yang juga konsultan ginjal hipertensi.

BACA JUGA:Anak Tewas Ditabrak Motor di Ciwaringin Cirebon, Warga Palimanan Barat, Hendak Berangkat Sekolah

BACA JUGA:Termorex Sirup Dilarang BPOM dan Masuk Daftar Obat Ditarik, Dulu Punya Iklan Legendaris Bu Joko dan Termos Es

"Kami sudah siap melaksanakan penanganan terhadap kasus gagal ginjal akut pada anak. Tetapi mudah-mudahan tidak ada. Kalaupun ada, tim di RSDGJ sudah siap," kata dr Katibi, kepada radarcirebon.com, Jumat, 21, Oktober 2022.

Menurut dr Katibi, yang terpenting sekarang ini adalah deteksi dini oleh masyarakat dan dapat dilakukan dengan mudah, yakni dengan memperhatikan urine anak. 

"Bila berkurang, dan di bawah normal perlu untuk segera dibawa ke fasilitas kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," tuturnya.

Ditambahkan dr Katibi, diwacanakan RSD Gunung Jati nantinya menjadi jejaring rujukan kardiovaskuler, kanker, stroke, saluran kemih dan ginjal.

BACA JUGA:Raffi Ahmad Cari Asisten Baru, Benefitnya Bikin Ngiler, Simak Persyaratannya

BACA JUGA:Lihat Tampangnya, Pria Itu Pembunuh Wanita yang Dibuang di Kolong Tol Bekasi, Psikopat!

Hal tersebut sesuai dengan concern kasus saat ini yakni kasus gagal ginjal akut pada anak. Kemudian kasus gagal ginjal juga cenderung cukup banyak setiap tahunnya baik yang menjalani berobat jalan maupun rawat inap.

Di RSDGJ Kota Cirebon teridentifikasi pasien rawat jalan sebanyak 224 yang mengalami gagal ginjal dan rawat inap 97 orang dengan angka kematian 15 pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: