Daftar Obat yang Bisa Merusak Ginjal, Jangan Konsumsi Sembarangan

Daftar Obat yang Bisa Merusak Ginjal, Jangan Konsumsi Sembarangan

Daftar obat yang berbahaya untuk anak. -Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, JAKARTA - Daftar obat terutama pereda nyeri juga antibiotik sebenarnya bisa merusak ginjal, bila dikonsumsi tidak dengan aturan tepat.

Tidak hanya itu, beberapa daftar obat yang dikonsumsi jangka panjang, juga dapat merusak ginjal. Terutama bila tanpa resep dokter.

Karena itu, beberapa daftar obat yang dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu harus berdasarkan resep dokter agar tidak merusak ginjal atau organ dalam lainnya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Sub Spesialis Hematologi Onkologi Medik, Prof Zubairi Djoerban menjelaskan, bahwa beberapa daftar obat memang berpotensi merusak ginjal.

BACA JUGA:Pelaku Tawuran di Lemahabang Cirebon Masih di Bawah Umur, Coba Lihat Barangkali Kenal

BACA JUGA:Polisi Berhasil Mengungkap Latar Belakang Pembunuhan Wanita yang Terbungkus Plastik di Bekasi

Apalagi bila diminum tanpa resep dokter dan dilakukan dalam jangka panjang. Karena itu, masyarakat juga harus memperhatikan betul.

Daftar obat seperti ibuprofen, aspirin hingga pereda nyeri juga bisa merusak ginjal bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

"Jadi prinsipnya kalau minum obat dalam jangka panjang itu, harus dengan resep dokter," kata Prof Zubairi dalam unggahannya yang dikutip radarcirebon.com, Sabtu, 22, Oktober 2022.

Dijelaskan Prof Zubairi, segala jenis obat yang dikonsumsi melewati ginjal lebih dahulu. Karena itu, jangan mengkonsumsi obat sembarangan.

BACA JUGA:Catat! Instruksi Tegas Kapolri: Polantas Tidak Boleh Lakukan Tilang Secara Manual

BACA JUGA:Sejumlah Skenario Disiapkan Pemerintah untuk Antisipasi Krisis Global 2023

Berikut adalah beberapa jenis obat yang dapat merusak ginjal bila dikonsumsi tidak dengan dosis tepat dan atas resep dokter.

Pereda Nyeri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: