SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon Menggelar LDKS

SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon Menggelar LDKS

LATIH JIWA PEMIMPIN. Dalam rangka menumbuhkan jiwa kepemimpinan, SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon Menggelar Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Dasar Siswa (LDKS). Acara ini diikuti siswa Kelas VII digelar di sekolah dan bumi perkemahan di Majalen-Abdullah-Radarcirebon

Radarcirebon.com, CIREBON- Dalam rangka menumbuhkan jiwa kepemimpinan, SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon Menggelar Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Dasar Siswa (LDKS). Acara ini diikuti siswa Kelas VII.

Ketua Panitia, Ari Trida  menjelaskan DKS merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dasar kepemimpinan kepada seluruh peserta didik khususnya kelas VII sebagai bekal untuk menjadi seorang pemimpin, dengan penanaman nilai-nilai kepemimpinan islam.

Diharapkan, kata Ari,  melalui kegiatanLDKS tersebut siswa dapat memiliki sikap tanggung jawab dan memilii keinginan kuat mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta didik kelas VII sebanyak 95 peserta didik dengan didampingi para guru. Adapun tema LDKS adalah “Pelajar Pemimpin Juara”, ujarnya.

BACA JUGA:Bukan Saatnya Bicara KLB, Tapi Fokus Bicara Prestasi

Kepala SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon, Mustaghfiroh, S.Sos menjelaskan, LDKS dilaksanakan selama 2 hari, hari pertaman jum’at tanggal 21 Oktober 2022 mulai pukul 07.00 sampai dengan 14.00 WIB bertempat di SMP Al-Irsyad Islamiyyah Kota Cirebon, materi yang diberikan tentang  pengenalan diri dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran peserta didik, memahami dan mengenali diri serta mampu mengembangkan kemampuannya (kepercayaan diri), kemudian tentang  Leadership dalam tinjauan Islam yang bertujuan agar peserta didik mampu mengarahkan dan mempegaruhi orang lain untuk mencapai tujuan dengan keteladanan Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam
Tidak hanya itu kata Mustaghfiroh, kebersamaan (teamwork) dengan tujuan meningkatkan solidaritas, persatuan dan kerukunan antar peserta didik seperti yang terkandung dalam Q.S Al Hujurat : 10 yang artinya “ sesungguhnya orang orang mukmin adalah bersaudara.

Karena itu damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapat rahmat, Rencana Tindak Lanjut dengan tujuan peserta didik mampu merencanakan  tindakan yang harus dilakukan ke depannya untuk memimpin diri, keluarga, sekolah dan masyarakat.

Pada hari kedua, dilaksanakan  hari sabtu 22 Oktober 2022 mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 15.00 bertempat di Bumi Perkemahan Leles- kabupaten Majalengka sebagai penguatan dari materi pada hari pertama. Kegiatan LDKS diselenggarkan bekerjasama dengan Event Organizer Zawalika dan TNI.

BACA JUGA:Kota Cirebon Hujan Deras, Sempat Muncul Genangan di Sejumlah Ruas Jalan

“Hasil latihan dasar kepemimpinan ini akan dipantau oleh sekolah, sejauhmana peserta didik dapat mengaplikasi dalam kehidupan sehari hari,” tandasnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin sebagain agenda tahunan SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon dalam rangka membentuk jiwa kepemimpinan peserta didik.

BACA JUGA:Tawuran Pelajar MTS di Majalengka, Bikin Kerugian Materil Rp3 Juta, Emangnya Mau Ganti?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: