Kenapa Obat Sirup dengan EG dan DEG Menyebabkan Gagal Ginjal Akut, Ternyata Membentuk Kristal

Kenapa Obat Sirup dengan EG dan DEG Menyebabkan Gagal Ginjal Akut, Ternyata Membentuk Kristal

Etilen glikol ternyata sangat berbahaya karena berubah bentuk saat masuk ke dalam ginjal. -Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com

"Begitu terbentuk kristal, maka akan ada tambahan zat padat yang akan mengganggu aliran dari cairan yang melewati pipa-pipa itu. Jika ada kristal yang terbentuk di situ dan bentuknya tajam dia akan melukai dinding-dinding dari pipa," jelasnya seperti dilansir JPNN dari Antara.

Namun demikian, Kristia Hermawan mengungkapkan bahwa, dari sampel tiga pasien anak yang menderita gangguan ginjal akut di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, tidak ditemukan adanya kristal tersebut.

Pelacakan penyebab gangguan ginjal akut progresif atipikal, menurut Kristia, telah dilakukan sesuai dengan petunjuk dari Kementerian Kesehatan.

Antara lain dengan melakukan penelusuran riwayat penggunaan obat sirop serta pemeriksaan toksikologi untuk mengetahui ada tidaknya EG dan DEG dalam darah atau urine pasien.

"Dalam hal ini, pengambilan sampel telah dilakukan pada tiga pasien yang pekan lalu masih menjalani perawatan. Tim medis belum mendapat hasil pemeriksaan karena sampel harus diperiksa di Labkesda DKI Jakarta," ungkapnya.

RSUP Sardjito sejauh ini sudah menangani 13 pasien gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak.

Tujuh di antaranya meninggal dunia, empat anak sudah dinyatakan sembuh, sedangkan dua anak masih harus dirawat. (ant/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com