Lestarikan Budaya, Pelindo Dukung Kegiatan Nadran dan Panjang Jimat Kota Cirebon

Lestarikan Budaya, Pelindo Dukung Kegiatan Nadran dan Panjang Jimat Kota Cirebon

SUPPORT. Pelindo 2 Regional Cirebon mendukung pelestarian budaya melalui nadran dan panjang jimat melalui program TJSL.-Abdullah-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON-Pelindo Regional 2 Cirebon bersama masyarakat Kota Cirebon, berkolaborasi dalam kegiatan adat-istiadat masyarakat setempat, di antaranya kegiatan Sedekat Laut atau Nadran Kota Cirebon serta kegiatan Panjang Jimat di Keraton Kacirebonan yang diselenggarakan sejak September hingga Oktober 2022.

General Manageri Pelindo 2 Regional Cirenon, Tengku Mursalin Rahim menjelaskan,Sebagai perwujudan nilai Harmonis dari Corporate Value BUMN AKHLAK, Pelindo Regional 2 Cirebon konsisten memberi dukungan kepada masyarakat Kota Cirebon di bidang pendidikan dan kebudayaan. Salah satunya penyelenggaraan Nadran dan Panjang Jimat.

Sebagai salah satu pelabuhan bersejarah di pesisir utara Jawa, lanjut Tengku, Pelabuhan Cirebon yang dikelola oleh Pelindo Regional 2 Cirebon memiliki keterikatan historis yang telah berkembang ratusan tahun bersama Kota Cirebon sendiri. "Melestarikan nilai-nilai historis melalui kolaborasi dalam pelaksanaan upacara kebudayaan menjadi ketertarikan tersendiri bagi Pelindo Regional 2 Cirebon," kata Tengku.

Nadran atau Sedekah Laut sendiri, masih kata Tengku,  merupakan tradisi upacara rutin yang dilakukan oleh para nelayan di Pesisir Utara Jawa, khususnya Cirebon sebagai bentuk rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang melimpah, sekaligus sebagai momentum pengharapan agar dijauhkan dari bahaya selama bekerja.

BACA JUGA:7 Daftar Obat Sirup yang Dilarang BPOM, Ada Rasa Pappermint, Bunda Tolong Dicek Lagi

BACA JUGA:Barcelona Kalahkan Viktoria Plzen 4-2, Akhiri Perjalanan dengan Manis

Nadran dilaksanakan dengan menghanyutkan replika kapal yang berisi sesajen ke tengah laut, setelah sebelumnya diarak ke tempat-tempat yang ditentukan dengan diiringi berbagai suguhan seni tradisional, di antaranya: tari-tarian lokal, parade buroq dan lain-lain.

Pihaknya membeberkan Dalam penyelenggaraan Nadran, Pelindo bekerja sama dengan tiga paguyuban nelayan sekaligus, yaitu nelayan Pesisir, nelayan Cangkol, dan nelayan Samadikun. Ketiganya melaksanakan Nadran dalam rentang waktu yang berbeda, dimulai dari paguyuban nelayan Pesisir yang melaksanakan kegiatan di pertengahan September, dilanjutkan dengan nelayan Cangkol dan Samadikun yang melaksanakan Nadran di pertengahan Oktober.

Selain kegiatan Nadran, Tengku menjelaskan,  Pelindo Regional 2 Cirebon juga berpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan Panjang Jimat yang dilaksanakan oleh Keraton Kacirebonan pada Sabtu 8 Oktober 2022 Panjang Jimat merupakan salah satu kegiatan adat-istiadat masyarakat Kota Cirebon dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Di hari pelaksanaan, Para Abdi Dalem Keraton Kacirebonan melaksanakan ritual pencucian jimat dan benda pusaka yang disimpan di dalam Keraton dan melaksanakan ritual doa untuk menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tengku menyatakan bahwa Pelindo merupakan perusahaan yang menjunjung tinggi harmoni dalam keberagaman budaya.

BACA JUGA:Pemindahan Napi Teroris Asal Kuningan, Tiba di Lapas Kesambi Cirebon

BACA JUGA:Mengandung Piperin, Konsumsi Lada Hitam Bantu Kontrol Diabetes, Simak Penjelasannya..

Pelindo menghargai keberagaman budaya yang ada di Kota Cirebon. Kami selalu mendukung seluruh kegiatan positif masyarakat dalam hal pelestarian adat dan budaya. Selain itu, melalui TJSL atau Tanggung Jawab Sosial Lingkungan, kami juga gencar melakukan berbagai implementasi program sosial kemasyarakatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kota Cirebon.

Panitia penyelenggara Nadran, Sofyan mengucapkan Terima kasih kepada Pelindo Regional 2 Cirebon atas dukungannya terhadap penyelenggaraan Nadran,” ucap Sofyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: