Pegiat Sejarah Cirebon Dukung Pemekaran WTC

Pegiat Sejarah Cirebon Dukung Pemekaran WTC

Raden Hamzaiya pegiat sejarah Cirebon-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON-Wacana pemekaran Kabupaten Cirebon Timur terus menjadi sorotan dari berbagai kalangan dan terus bergulir hingga saat ini.

Menanggapi hal tersebut, seorang pegiat sejarah Cirebon, Raden Hamzaiya mengatakan, pemekaran Kabupaten Cirebon Timur dari segi sejarah tidak ada persoalan.

"Bahwa sejarah Gebang yang ada di wilayah Cirebon bagian timur sudah dianggap final terutama terkait kedaulatan wilayah yang menyangkut tokoh Pangeran Sutajaya. Jelas sudah final terkait hal tersebut, apalagi dapat dibuktikan secara narasi ilmiah yang baru baru ini terkait destertasi Dr Tendi yang membahas persoalan cakupan wilayah kekuasaan Pangeran Sutajaya Gebang," katanya.

Sebagai wilayah yang berdaulat, menurut Hamzahiya, tentunya harus dapat dibuktikan dengan berbagai aspek kesejarahan terutama menyangkut benda peninggalan arkeologi.

BACA JUGA:Kronologi Oknum Perawat dan Bidan Mesum di Puskesmas Kaliwedi Cirebon Digerebek Warga, Oh Ternyata

BACA JUGA:Kondisi Lesti Kejora dan Rizky Billar Setelah Leslar Entertainment Dibubarkan, Dibongkar oleh Boril

"Ya jelas dahulunya wilayah timur ini sudah berdaulat. Kita dapat melihat penemuan bokor emas yang beratnya hampir satu kilo ditemukan di wilayah Babakan-Gebang Cirebon Timur dan disimpan di museum Sri Baduga Bandung hingga saat ini. Sah-sah saja secara nilai kesejarahan, mangga para tokoh dan aktivis Cirebon Timur untuk bisa membuka terkait hal ini dalam forum dialog lebih lanjut tambah nya,"ujarnya

BACA JUGA:Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, BP dan Vivo Hari Ini, Ada yang Lebih Murah dari Pertamina

BACA JUGA:Bayi di Toilet Pabrik di Majalengka, Wanita 19 Tahun Jadi Tersangka, Belum Menikah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: