8 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah, Ibadah Satu ini Memang Istimewa

8 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah, Ibadah Satu ini Memang Istimewa

Keutamaan sholat subuh. Ilustrasi foto:-Pixabay-

Kemudian beliau bertanya lagi, “Siapakah di antara kalian yang hari ini sudah mengunjungi orang sakit? ” Abu Bakar kembali berkata, “Saya!”

Maia Rasulullah Sholallahu’alaihiwasallam pun bersabda, “Tidaklah ciri-ciri itu terkumpul pada diri seseorang melainkan ia pasti akan masuk surga.” (HR. Muslim)

Sampai akhirnya Umar bin Khattab berkata, “Saya tidak sanggup lagi melawan Abu Bakar untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.”

7. Bahwasanya para malaikat menyaksikan sholat subuh kita.

Hal ini terkandung dalam Alquran surat Al-Israa’ ayat 78.

“Sesungguhnya sholat subuh utu disaksikan oleh malaikat.” (QS. Al-Israa’:78)

Hal ini juga tercantum dalam hadits,

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Sholallahu’alaihiwasallam bersabda, “Para malaikat malam dan malaikat siang silih berganti mendatangi kalian. Dan mereka berkumpul saat sholat Fajar 9Subuh) dan sholat Ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian naik ke atas hingga Allah Ta’ala bertanya kepada mereka, dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya), ‘Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikna sholat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan sholat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

“Oleh karena itu kita merasa ruhani kita batin kita lebih nikmat dan sejuk ketika kita mengerjakan sholat subuh berjamaah.

8. Seseorang yang melaksanakan ibadah di waktu subuh, akan mendapatkan rezeki dan keberkahan dari Allah Subhanahuwata’ala.

Dari Shakhr al-Ghamidi, dari Nabi Sholallahu’alaihiwasallam, belia bersabda, “Allahumma baarik li ummatii fii bukuurihaa (Ya Allah, berkahilah umatku di pagi hari mereka).” (HR. Abu Dawud)

Barokah tidak akan didapatkan oleh orang yang malas.

Imam Ibnul Qayyim berkata, “Tidur di waktu subuh akan menghalangi datangnya rezeki. Karena waktu itu adalah waktu turunnya rezeki, adanya pembagian rezeki, dan turunnya keberkahan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: