Tata Cara Salat Gerhana 2 Kali Rukuk di Setiap Rakaat, Simak Penjelasannya

Tata Cara Salat Gerhana 2 Kali Rukuk di Setiap Rakaat, Simak Penjelasannya

Ilustrasi Salat . Foto: -Ricardo-jpnn.com

Radarcirebon.com -- Tata cara salat gerhana bagi Anda yang akan melaksanakannya bertepatan dengan momen garhana bulan total nanti malam.

Sallat sunah gerhana bulan dalam bahasa Arab disebut Salat Khusuf. Salat Khusuf ini dilakukan jika terjadi fenomena gerhana bulan.

Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, gerhana bulan total akan terjadi nanti malam, Selasa 8 November 2022.

Di dalam ajaran Islam, salat gerhana bulan atau salat khusuf tersebut hukumnya adalah sunnah muakkad. Itu artinya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Di dalam banyak riwayat, Nabi Muhammad sendiri menganjurkan seluruh umat muslim mengerjakan sejumlah amalan ketika terjadi gerhana. Baik itu gerhana bulan atau gerhana matahari. 

BACA JUGA:Porprov Jabar 2022:Belva dan Arrifat, Atlet Taekwondo Kota Cirebon Raih Perunggu di Hari Pertama

Amalan ibadah, seperti memperbanyak doa dan dzikir serta salat gerhana, tujuannya untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah.

Fenomena gerhana, termasuk gerhana bulan total, di dalam Islam memang dimaknai sebagai salah satu bukti kebesaran Allah SWT.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tata cara salat gerhana yang akan dilaksanakan pada saat gerhana bulan total nanti malan, bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Pelaksanaan salat gerhana bulan atau gerhana matahari, secara umum meliputi salat sunah dua rakaat yang dilaksanakan sebelumnya, kemudian disusul dengan khutbah.

Dengan demikian, pada praktiknya salat gerhana bulan atau gerhana matahari seperti pelaksanaan salat Idul Fitri atau shalat Idul Adha di masjid, yakni dua rakaat yang disusul dengan khutbah. 

BACA JUGA:6 Doa Saat Terjadi Gerhana Bulan Total, Bisa Langsung Diamalkan

BACA JUGA:Tawuran Pelajar di Palimanan Cirebon, Saling Kejar Lalu Tabrak Wuling

Namun demikian, ada sedikit perbedaan. Yaitu, dalam salat gerhana bulan atau gerhana matahari, setiap rakaat dilakukan dua kali rukuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id