Dapat Menurunkan kadar Gula Darah, Berikut 7 Manfaat Teh Hitam

Dapat Menurunkan kadar Gula Darah, Berikut 7 Manfaat Teh Hitam

Manfaat Teh Hitam-download-https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Radarcirebon.com – Teh hitam dan teh hijau memiiliki proses pembuatannya sehingga kandungan di dalamnya pun berbeda. Karena memliki kandungan yang berbeda, manfaat Teh hitam dan hijau juga tak sama.

Teh hitam diproses sedemikian rupa melalui fermentasi. Sementara itu, teh hijau hanya melalui satu kali proses penyaringan.

Mengutip dari Panganku, komposisi gizi teh hitam jika dihitung per 100 gram adalah Kalori: 293, Protein: 24,5 gram,Karbohidrat: 58,8 gram, Kalsium: 327 gram, Fosfor: 313 mg, vitamin C: 9mg, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah manfaat teh hitam untuk kesehatan yang wajib kalian ketahui.

BACA JUGA:Gejala Stres Kerja Muncul? Berikut Tips Mengatasinya

1. Menambah kewaspadaan dan energi
Selain kopi, sebagian orang memilih untuk minum teh hitam agar lebih waspada dan menambah energi.

Hal ini karena ada kandungan kafein dan asam amino L-theanin pada teh hitam yang mempunyai manfaat untuk meningkatkan kewaspadaan serta fokus

L-theanin juga berfungsi untuk meningkatkan aktivitas otak, memberikan relaksasi, serta fokus yang lebih baik pada tubuh Anda.

2. Membantu mencegah kanker

Kanker termasuk penyakit serius yang sulit dicegah dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Akan tetapi, senyawa antioksidan dari teh hitam yang berupa polifenol dapat membantu mencegah kelangsungan hidup sel kanker.

Menurut sebuah studi dari Food Science and Human Wellness, polifenol pada teh hitam juga mempunyai manfaat untuk membantu mencegah penyebaran tumor payudara. Namun, tentu saja masih butuh penelitian lanjutan untuk bisa memastikan keefektifannya.

BACA JUGA:Tidak Menyebabkan Rematik, Berikut Sederet Manfaat Mandi Sebelum Tidur

3. Menurunkan risiko serangan jantung
Minum teh hitam juga mempunyai manfaat untuk mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular dan serangan jantung.

Senyawa antioksidan lainnya dalam teh hitam berupa flavonoid mempunyai manfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Caranya adalah dengan mencegah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida, dan juga obesitas.

Lalu, kandungan flavonoid juga mampu membantu mencegah kolesterol jahat, sehingga tidak menyumbat aliran darah ke arteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: