Gatal di Tenggorokan Bikin Gak Nyaman? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gatal di Tenggorokan Bikin Gak Nyaman? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi--

Radarcirebon.com - Gatal di tenggorokan mengganggu aktifitas harian? Kenali penyebab dan cara untuk mengatasinya. Simak selengkapnya dengan baik dibawah ini.

Batuk berkaitan dengan sistem pernafasan terutama tenggorokan. Banyak orang pasti pernah mengalami batuk yang disertai rasa gatal ditenggorokan.

Rasa gatal di tenggorokan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena hal yang tidak kita sadari dan sering kita lakukan setiap hari seperti misalnya mengonsumsi terlalu banyak makanan yang berminyak.

Namun tenang saja, dimana ada penyebab pasti ada cara untuk mengatasinya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan meredakan gatal di tenggorokan.

BACA JUGA:Kecelakaan di Tol Cipali Hari Ini, di Km 188 Palimanan Bus Terguling

Berikut penyebab dan cara untuk mengatasi rasa gatal di tenggorokan:

PENYEBAB GATAL DI TENGGOROKAN
1. Adanya Lendir yang Menumpuk
Penyebab rasa gatal di tenggorokan bisa jadi karena adanya post-nasal drip atau lendir yang menumpuk di belakang tenggorokan. Kondisi ini sangat umum terjadi walaupun setelah sembuh dari flu.

2. Terjadi Infeksi
Tenggorokan gatal juga bisa disebabkan karena adanya infeksi. Biasanya, infeksi ditandai dengan adanya rasa nyeri dan gatal di tenggorokan saat batuk.

5. Gejala Asam Lambung (GERD)
Produksi cairan asam dapat mempermudah kinerja saluran sistem pencernaan. Namun jika asam yang diproduksi terlalu banyak, maka akan menyebabkan asam lambung (GERD).

Bagi yang memiliki asam lambung atau sedang mengalami asam lambung naik, maka akan merasakan gatal di tenggorokan saat batuk.

6. Dehidrasi
Saat mengalami dehidrasi, itu artinya kamu sedang kekurangan cairan. Dehidrasi sangat berbahaya bagi kesehatan terutama tenggorokan.

Kamu akan mengalami beberapa gejala saat dehidrasi diantaranya adalah gatal di tenggorokan, jarang buang air kecil, sakit kepala, tubuh lelah dan lemas, terakhir sulit berkonsentrasi.

BACA JUGA:Catat! Ini Dia Perubahan Jam Buka Pantai Kejawanan Cirebon

7. Terpapar Polusi Udara dan Asap Rokok
Saat melakukan aktifitas diluar ruangan, kita pasti akan terpapar polusi udara seperti debu dan juga asap rokok.
 
Hal itu sangat berbahaya bagi sistem pernafasan termasuk tenggorokan. Sehingga memungkinkan kamu mengalami rasa gatal di tenggorokan.

8. Makanan Berminyak
Mengonsumsi terlalu banyak makanan berminyak seperti gorengan dapat menyebabkan gatal di tenggorokan.

9. Radang Tenggorokan
Terakhir, gatal di tenggorokan bisa terjadi karena radang tenggorokan. Biasanya nyeri atau radang tenggorokan terjadi saat sedang batuk pilek dan flu. Rasa gatal yang dialami itu sendiri berasal dari tenggorokan yang radang atau terinfeksi.

CARA MENGATASINYA
- Minum Air Hangat
- Hindari Makan Gorengan dan Makanan Berminyak
- Mengonsumsi Permen Pelega Tenggorokan
- Minum Teh Dicampur Madu dan Lemon
- Berkumur Dengan Air Garam
- Minum Wedang Jahe
- Istirahat yang Cukup
- Menggunakan Humidifier atau Pelembap Udara

Itulah tadi penyebab dan cara untuk mengatasi gatal di tenggorokan. Namun, apabila rasa gatal di tenggorokan berkepanjangan dan berlangsung lama lebih dari 2 minggu, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapat perawatan. Semoga tetap sehat selau ya readers! (Fathiya Khoerunnisa)

BACA JUGA:Cara Cek Reservasi Citilink dengan Kode Booking, Simak Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: