Yamaha 2022-09

Stres Adalah Gangguan Psikologis yang Umum Terjadi, Begini Cara Mengatasinya

Stres Adalah Gangguan Psikologis yang Umum Terjadi, Begini Cara Mengatasinya

Stres Adalah Gangguan Psikologis yang Umum Terjadi, Begini Cara Mengatasinya-capture-Qubisa

Radarcirebon.com – Stres adalah respons emosional terhadap situasi di mana kita merasa terancam atau tidak mampu mengatasinyaHal ini bahkan dapat memunculkan gejala fisik seperti sakit kepa, sakit punggung, dan lain-lain.

Sebelum megetahui cara mengatasinya, kita perlu tahu definisinya, stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun mental apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri.
Stres adalah bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita.

Ada beberapa cara untuk mengurangi tingkat stres. Salah satu cara termudah adalah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki gaya hidup Kita. Ini termasuk makan makanan sehat, cukup tidur, berolahraga secara teratur, dan istirahat sepanjang hari.

Cara lain untuk mengurangi stres adalah mempelajari cara mengelola emosi Kita. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja disimak uraian berikut.

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Liver Hingga Pencernaan, Berikut Manfaat Daun Kelor Dalam Al Qur'an
1. Melakukan kegiatan yang disukai

Salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan melakukan kegiatan yang Kita sukai. Coba lakukan kegiatan yang membuat Kita lupa waktu dan merasa bahagia saat melakukannya, seperti bermain  hp, menonton film ataupun traveling.

Jika merasa sulit memilih aktivitas yang menyenangkan, Kita bisa mencoba hal baru yang sebelumnya belum pernah dicoba, misalnya melukis, berkebun, dan mengikuti kelas dansa atau kelas merangkai bunga.

2. Bergerak aktif dan berolahraga secara rutin

Saat sedang merasa stres, Kita sebaiknya tidak terlalu lama menyendiri atau mengurung diri di rumah.
Sebisa mungkin cobalah untuk tetap berolahraga, seperti jalan santai, push up, skipping, atau olahraga lainnya. Kita juga bisa olahraga sembari mendengarkan musik yang disukai agar lebih bersemangat.

Saat Kita banyak bergerak atau berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon pereda stres alami atau endorfin.
Dengan begitu, Kita akan merasa lebih rileks, tenang, dan tidur pun lebih nyenyak. Hormon tersebut juga bisa membuat suasana hati Kita menjadi lebih baik sehingga stres bisa lebih mudah teratasi.

BACA JUGA:Resep Sarapan Sehat yang Tinggi Protein

3. Mendengarkan musik yang menenangkan

Cara lainnya untuk mengatasi stress adalah mendengarkan musik yang menenankan. Hal ini karena musik bernada lembut bisa membuat tubuh lebih rileks serta menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres.

Tak hanya musik bernada lembut, Kita juga bisa mendengarkan genre musik favorit Kita untuk mengatasi stres.

4. Melakukan teknik relaksasi

Ketika dilanda stres, Kita juga bisa mencoba melakukan teknik relaksasi, misalnya yoga atau meditasi. Banyak riset yang membuktikan bahwa yoga dan meditasi bisa meringankan kecemasan dan gejala depresi, meningkatkan suasana hati, serta melawan pikiran negatif.

Sumber: