Yamaha 2022-09

Terbukanya Pintu Surga, Berikut Amalan dan Keutamaan di Hari Kamis

Terbukanya Pintu Surga, Berikut Amalan dan Keutamaan di Hari Kamis

Terbukanya Pintu Surga, Berikut Amalan dan Keutamaan di Hari Kamis-capture-berita diy

Radacirebon.com – Hari Kamis atau malam Jumat adalah hari yang memiliki banyak keistimewaannya menurut Islam. Di hari itu juga banyak amalan-amalan yang bisa kalian lakukan.

Selain hari Jumat yang dikenal sebagai rajanya hari, terdapat hari Kamis yang tak kalah istimewa bagi umat Muslim.
Terdapat banyak amalan-amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim agar melakukannya untuk memperbanyak pahala dan ketakwaan.

Contoh amalan yang dianjurkan adalah puasa sunnah Senin Kamis, membaca surah Al-Kahfi, bershalawat, membaca doa, dan lainnya.

Amalan pada hari Kamis tersebut pastinya memiliki keutamaan atau keistimewaan tersendiri. Dan berikut adalah beberapa keistimewaan di hari Kamis.

BACA JUGA:7 Sunnah Nabi Muhammad SAW saat Bangun Tidur

Dibukanya pintu surga
Seperti dalam Shahih Muslim, dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah bersabda, “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.“ (HR. Muslim).

Keberkahan bagi penuntun ilmu

Orang-orang yang menuntut ilmu pada hari Kamis, maka akan diberkahi.
Disebutkan dalam sebuah hadits yang artinya, “Bersegeralah dalam menuntut ilmu. Sesungguhnya aku memohon kepada Tuhanku, agar diberkati pada pagi hari dan menjadikan hari ini adalah hari Kamis.” (HR. As-Suyuthi).

BACA JUGA:Doa Ketika Sakit dan Cara Terapi Mandiri yang Diajarkan Rasulullah, Selamat Mencoba

Puasa Senin-Kamis
Dari Abu Hurairah r.a, Bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu'ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.” (HR. Muslim).

Senin dan Kamis adalah hari Diperiksanya amalan-amalan kita

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda “Amal manusia diangkat pada hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diangkat sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At-Tirmidzi).

Momen Penting yang Terjadi pada Hari Kamis

Dalam ajaran Islam, semua hari memiliki keistimewaannya masing-masing. Sebab, Allah SWT melahirkan ciptaan yang berbeda-beda setiap harinya.

Pada hari Sabtu, Allah menciptakan tanah, Minggu memunculkan gunung, Senin pepohonan, Selasa kandungan bumi, Rabu membuat cahaya, dan Kamis menciptkan hewan melata.

Sumber: