Apa Itu Gempa Bumi dan Apa Saja Jenisnya? Simak Penjelasannya.

Apa Itu Gempa Bumi dan Apa Saja Jenisnya? Simak Penjelasannya.

Ilustrasi gempa bumi di Kota Bogor pada pukul 21.22 WIB, Jumat 29 Maret 2024.-Paula-Pixabay

RADARCIREBON.COM Gempa bumi merupakan bencana alam yang besar dan sudah sering terjadi di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, baru-baru ini Gempa bumi terjadi di Kabupaten Cianjur dengan getaran 5,6 Magnitudo, guncangan gempa bahkan terasa di sejumlah daerah di Jawa Barat yang mengakibatkan ratusan nyawa terluka dan meninggal serta ribuan bangunan rusak.

Indonesia rawan terjadi gempa bumi yang menelan ratusan nyawa dan meruntuhkan ribuan bangunan, beberapa daerah di Indonesia yang pernah mengalami gempa bumi dengan kekuatan getaran besar dan dahsyat adalah Aceh, Nias, Padang dan Donggala serta masih banyak lagi daerah di Indonesia yang terkena gempa bumi berkekuatan besar.

Bencana alam ini menyebabkan kerugian nyawa dan materil akibat dari guncangannya yang besar.

Indonesia berada di wilayah cincin api Asia Pasifik, daerah ini merupakan daerah yang rawan bencana alam yakni salah satunya adalah gempa bumi. Di mana sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi  dan 81% dari gempa bumi terbesar di dunia, terjadi di wilayah tersebut.

Apa itu Gempa Bumi?

Gempa bumi adalah peristiwa berguncangnya bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng  bumi, aktivitas sesar (patahan), aktvitas gunung api atau runtuhan bangunan. Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tidak bisa diketahui dengan pasti kapan datangnya dan seberapa besar kekuatanya.

BACA JUGA:Memperingati HGN dan HUT PGRI, Guru SMAN 7 Cirebon Jadi Petugas Upacara

Dalam sains, ilmu yang mempelajari gempa bumi disebut seismologi. Seismologi menjelaskan bahwa gempa adalah peristiwa perambatan atau penjalaran gelombang gempa yang sampai ke permukaan bumi akibat lepasnya energi potensial yang dimiliki lapisan yang ada di bawah permukaan bumi secara mengejutkan dan tiba-tiba.

Gempa bumi terjadi karena adanya perubahan atau pergerakan kerak bumi yang disebut lempeng tektonik dan mengakibatkan perubahan letak permukaan tanah secara signifikan dari posisi semula.

Berikut jenis-jenis gempa bumi dilansir dari berbagai sumber.

Jenis-jenis Gempa Bumi berdasarkan penyebabnya  

1. Gempa vulkanik

Gempa bumi ini disebabkan oleh letusan gunung berapi.

2. Gempa tektonik
Gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan karena pergeseran lapisan kulit bumi akibat lepasnya energi di zona penunjaman.

3. Gempa runtuhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: