Faktor penyebab gempa bumi

Faktor penyebab gempa bumi

--

RADARCIREBON.COM - Berikut adalah penyebab gempa Bumi. gempa Bumi adalah peristiwa bergetar atau bergoyangnya Bumi, gempa bisa menyebabkan kerusakan dan kebakaran.

Gempa Bumi sendiri karena adanya perubahan atau pergerakan kerak bumi yang disebut lempeng tektonik dan mengakibatkan perubahan letak perubahan tanah secara signifikan dari posisi semula.

Gerak lempeng bumi yang menjauhi satu sama lain juga dapat menyebabkan gempa bumi,hal tersebut dikarenakan saat dua lempeng bumi bergerak saling menjauh.

Namun, gerak lempeng yang sangat dekat juga dapat mengakibatkan Gempa Bumi dikarenakan pergerakan lempeng yang sangat mendekat juga akan berdampak terbentuknya gunung.

BACA JUGA:Memperingati HGN dan HUT PGRI, Guru SMAN 7 Cirebon Jadi Petugas Upacara

Gempa bumi kemungkinan terjadi karena materi lapisan litofser yang terjepit kedalam lebih dari 600 Km.

Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi fenomena ini terjadi karena berbagai faktor penyebab. Berikut adalah macam-macam penyebab gempa bumi.

Dilansir dari Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebab-sebab gempa bumi.

Gempa Bumi Tektonik

Disebabkan oleh adanya tektonik yaitu pergeseran tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan yang dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar.

Gempa bumi tektonik disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempeng plat tektonik seperti layaknya gelang karet yang di tarik dan dilepas secara tiba-tiba.

Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi ini disebabkan oleh tumbukan meteor atau asteroid atau yang jatuh kebumi,Gempa bumi ini jarang terjadi.

BACA JUGA:Buka Riksa Budaya, Wagub: Masyarakat Diminta Lestarikan Seni Budaya Lokal

Gempa Bumi Buatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: