Jalur Pendakian Gunung Ciremai yang paling disukai oleh pendaki pemula

Jalur Pendakian Gunung Ciremai yang paling disukai oleh pendaki pemula

jalur pendakian apuy--

RADARCIREBON.COM -Jalur Pendakian paling mudah di Gunung ciremai untuk pemula,Gunung Ciremai merupakan Gunung tertinggi di Jawa Barat.Bukan hanya untuk para pendaki saja,Namun juga banyak wisata lainnya.
Gunung Ciremai yang memiliki tinggi 3.078 mdpl,Dikelilingi oleh sumber mata air seperti sungai yang bertugas sebagai irigasi sawah-sawah masyarakat sekitar.

Taman nasional Gunung Ciremai sendiri,Bukan hanya menjadi destinasi wisata saja,Namun juga menjadi sumber utama bagi keberlangsungan masyarakat.

Fakta Gunung Ciremai adalah Hutan lindung,Sebelum menjadi taman nasional merupakan indikasi bahwa,baik masyarakat sekitar atau pihak pemerintah daerah yang saling bahu membahu untuk membuat ekosisitem alam agar tetap terjaga alamnya termasuk hewan dan tumbuhan.

Perubahan nama dari gunung Ciremai sendiri terjadi lewat SK Menhut RI No.424/Menhut-II/2004 bertanggal 19 Oktober 2004.Perubahan nama ini sekaligus mengubah status Gunung Ciremai yang tadinya hanya sekedar hutan lindung sekarang menjadi taman nasional.

BACA JUGA:6 Olahraga Untuk Pemula, yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Luas Gunung Ciremai sendiri 15.500 ha,Gunung Ciremai masuk kedalam dua kabupaten yaitu kabupaten kuningan dan kabupaten majalengka.

Ada 4 jalur pendakian yang bisa digunakan,Keempat jalur pendakian tersebut adalah jalur yang melewati linggasana.Apuy,Linggarjati dan yang terakhir adalah palutungan,Berikut adalah penjelasannya.

1.Jalur Pendakian Apuy
Jalur pendakian ini adalah jalur favorit bagi para pemula,Jalur Apuy diakses dari majalengka dengan tempuh waktu sekitar 7-8 jam pendakian,Untuk mencapai basecampnya pun tidaklah mudah,harus melewati jalanan yang sempit dan rusak.
Jalur Apuy ini merupakan jalur terpendek untuk mencapai Gunung Ciremai,Ada 6 pos dijalur Apuy,Perjalanan menuju pos arban menggunakan truk tanah dan bebatuan kerikil dengan tempat yang langsung menanjak terus seperti ini hingga sampe dipos tegal pasang.
Hari Berikutnya,Diusahakan berangkat pukul 04:00 atau 04:30,Dari sini akan menemukan simpang apuy,yang merupakan simpang pertemuan jalur apuy dan palutungan.unutk mencapai pos goa walet.Jika sudah sampai pos ini,hanya membutuhkan 30 menit saja untuk mencapai puncak.

BACA JUGA:4 Game unik dan seru , Gamers pasti ga kepikiran!

2.Jalur Pendakian Palutungan
Jalur pendakian selanjutnya yaitu palutungan,Jalur ini juga banyak disukai oleh para pendaki pemula,Jalur ini dekat dengan berbagai tempat wisata daerah yang sering dilewati oleh angkutan umum.
Jika ingin melalui jalur palutungan ini,Hanya perlu menggunakan bus ke terminal kuningan,kemudian lanjutkan hingga sampe ke resort cigugur.Untuk waktu pendakiannya memerlukan 7-8 jam untuk sampe ke puncak.

3.Jalur pendakian Linggarjati
Jalur pendakian Linggarjati juga salah satu jalur favorit para pendaki,Pasalnya Jalur ini tergolong sebagai jalur pendakian paling mudah dicapai,Untuk mencapai puncaknya sangat menguras tenaga,namun tetap menjadi pilihan untuk para pendaki.
Untuk yang mau mendaki pertama kali nya,harus mempersiapkan mental dan fisik yang kuat,dan jangan lupa membawa bekel makanan dan minuma yang banyak,karena tempat yang dilalui akan cukup berat,dan juga tidak tersedia sumber mata air.Kalopun ada itu juga hanya bisa ditemukan di pos 7,Namun sangat terbatas karena hanya kubang sungai kecil.
Untuk mencapai puncaknya,membutuhkan jarak tempuh sekitar 7-9 jam.

BACA JUGA:Memperingati HGN dan HUT PGRI, Guru SMAN 7 Cirebon Jadi Petugas Upacara

4.Jalur Pendakian Lewat Linggasana
Jalur pendakian ini merupakan jalur pendakian baru,yang belum banyak orang tau.Lokasinya dekat dengan Linggarjati sehingga transportasipun mudah ditemukan.
Untuk ke Basecamp hanya memerluka kendaraan umum seperti angot/ojek.Biaya nya pun cukup bervariasi,yaitu 10 ribu - 20 ribu saja perorangnya,Murah bukan?.
Perjalanan diawali dengan melewati situs Ki kuwu yang dipercaya sebagai petilasan Mbah kuwu,Kemudia melewati hutan pinus  dan tiba di pos bangbadan.dilanjut k epos Sumber Mata Air Wirabuana dan pos kiaralawang yang identik dengan dua pohon Kiara berukuran besar yang tumbuh berdampingan,Dan untuk mencapai puncaknya sendiri memerlukan waktu sekitar 7-9 jam.
Pendakian selanjutnya akan melewati hutan yang lebat,Pos pangreureuhan di ketinggian 2.723 meter diatas permukaan laut.dapat terlihat lereng menuju puncak,akan melihat padang edelwies.

Itulah beberapa informasi mengenai jalur pendakian untuk pemula di Gunung Ciremai yang sudah disampaikan,Semoga informasi ini bermanfaat.(Nur khofifah)

BACA JUGA:Buka Riksa Budaya, Wagub: Masyarakat Diminta Lestarikan Seni Budaya Lokal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: