Takut HItam karena Berjemur Matahari? Ini Manfaat dan Waktu Berjemur yang Baik

Takut HItam karena Berjemur Matahari? Ini Manfaat dan Waktu Berjemur yang Baik

Manfaat dan Waktu Berjemur yang Baik-capture-antaranews

sinar matahari pada pagi hari dapat membantu tubuh untuk mengenali perbedaan waktu antara siang dan malam. Tidak hanya itu, sinar matahari pagi juga bisa meningkatkan suhu tubuh menjadi lebih hangat, yang dapat mengatur metabolisme tubuh untuk tidur lebih awal di malam hari.

Melansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terapi cahaya matahari pagi juga sangat dianjurkan bagi orang yang menderita insomnia atau sulit tidur di malam hari.

BACA JUGA:Waspada! Inilah Yang Perlu Anda Lakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

4. Memperkuat kesehatan tulang

Kalsium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi agar tetap kuat. Nah, kalsium ini juga bisa didapatkan dari pasokan vitamin D yang baik untuk melindungi terjadinya pengeroposan tulang.


berjemur di pagi hari selama 10-15 menit dapat mendorong produksi vitamin D dalam tubuh yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Digambarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berjemur di pagi hari setiap hari selama 10-15 menit juga dapat mencegah 40% kasus osteoporosis atau tulang yang rapuh pada usia lanjut.

BACA JUGA:Jadi Role Model Penerapan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di Ajang ASRRAT 2022

5. Menyembuhkan penyakit kulit

Vitamin D dari sinar matahari memiliki kontribusi yang sangat penting pada regulasi kalsium dan aliran darah. Dengan metabolisme kalsium dan mineral yang baik, tubuh secara otomatis dapat mengirimkan sel darah putih (yang sebagian besar di produksi di tulang) untuk melindungi kulit dari sinar UV dan memperbaiki kerusakan kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim.

Namun, perlu diingat. Meskipun berjemur di pagi hari memiliki potensial untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter kulit jika memiliki kondisi kulit seperti jerawat, eksim, eczema, dan psoriasis dan ingin melakukan terapi berjemur.

Itulah tadi beberapa manfaat yang kita terima dari berjemur sinar matahari dan juga waktu berjemur yang baik. Meskipun bermanfaat tapi masih ada hal yang perlu diperhatikan agar tidak menjadi penyakit.

BACA JUGA:6 Olahraga Untuk Pemula, yang Bisa Kamu Coba di Rumah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: