Diyakini Penghapus Dosa, Berikut Keutamaan Serta manfaat Memelihara Kucing Dalam Islam

Diyakini Penghapus Dosa, Berikut Keutamaan Serta manfaat Memelihara Kucing Dalam Islam

Sebagai Penghapus Dosa, Berikut Keutamaan Serta manfaat Memelihara Kucing-capture-kabar besuki - pikiran rakyat

RADARCIREBON.COM - Kucing adalah salah satu hewan favorit yang sering dijadikan peliharaan. Hewan bola berbulu ini juga dikatakan sebagai hewan yang paling disukai Nabi Muhammad SAW. Bukan tanpa alasan, ada banyak manfaat memeliharan Kucing dalam Islam.

Kucing telah hidup membaur dengan masnusia sejak 3,500 Tahun lalu dan menjadi teman dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sejarah tentang kucing di berbagai belahan dunia, kalau dari Islam, kucing adalah hewan yang istimewa, maka di Mesir kucing merupakan seorang dewa, Anubis.

Dalam Islam, Allah mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk saling menyayangi antar makhluk hidup, termasuk hewan. Salah satu hewan yang istimewa dan disayangi oleh Nabi Muhammad adalah kucing. Nabi dulu memiliki kucing peliharaan bernama Mueeza.

Tentu saja memelihara kucing merupakan hal yang diperbolehkan dalam Islam, bahkan Nabi menyuruh kita untuk menyayaingi kucing layaknya bagian keluarga kita sendiri.

BACA JUGA:Jodoh Tak Kunjung Datang? Baca Doa ini agar Dipertemukan Dengan Jodoh Terbaik

Manfaat memelihara kucing menurut Islam

Dikutip dari buku Alhamdulillah for the Little Things oleh Nurfitriana Majid, memelihara kucing dalam Islam bukanlah perbuatan yang tidak ada artinya. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa salah satu manfaat memelihara kucing dapat menjadi ladang pahala.

“Pada setiap yang mempunyai hati yang basah (hewan) itu terdapat pahala dalam berbuat baik kepada-Nya.” (HR. Bukhari). Adapun manfaat lain memelihara kucing menurut Islam:

1. Rahmat dari Allah

Orang yang menyayangi hewan peliharaan, sekalipun hewan tersebut adalah hewan yang akan disembelih, maka akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT di hari kiamat.

Tertuang dalam sebuah hadits, yang artinya:
“Siapapun yang menyayangi hewan peliharaan meskipun hewan itu akan disembelih, maka Allah SWT akan merahmatinya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari)

BACA JUGA:Maraknya Judi Bola di Tengah Piala Dunia 2022, Apa Hukumnya Dalam Islam?

2. Obat Terapi Mental

Orang yang memelihara kucing seringkali mengajak peliharaannya mengobrol dan bermain. Hal ini dapat menjadi obat terapi untuk mental yang sedang tidak stabil.

Kucing juga bisa menjadi penghilang stres. Dalam sebuah penelitian, para pemilik kucing memiliki denyut jantung istirahat yang rendah dan tekanan darah yang lebih rendah, dibanding mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: