Tata Cara Sholat Taubat yang Benar Lengkap dengan Bacaan dan Artinya

Tata Cara Sholat Taubat yang Benar Lengkap dengan Bacaan dan Artinya

Sholat sunah tahajud-capture-

RADARCIREBON.COM - Manusia adalah tempatnya salah dan dosa, tidak mungkin ada manusia di dunia ini yang tak memiliki dosa. Bahkan sahabat Nabi Muhammad saja pernah melakukan dosa. Oleh karena itu, untuk menebus semua dosa, ada yang namanya sholat taubat dan berikut adlaah tata cara sholat taubat.

Sholat taubat sendiri merupakan sholat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang hendak memohon ampun kepada Allah atas segala dosa maupun kesalahan yang pernah diperbuat selama hidup. Umumnya, orang-orang melakukan sholat ini bersamaan dengan taubat nasuha.

Meskipun tidak ada waktu khusus dalam melaksanakan sholat dengan 2 rakaat ini, namun beberapa ulama menganjurkan untuk melaksanakan sholat taubat ketika memasuki bulan Ramadan dan di malam hari setelah tidur dan sebelum sholat subuh.

BACA JUGA:Diyakini Penghapus Dosa, Berikut Keutamaan Serta manfaat Memelihara Kucing Dalam Islam

Sholat taubat atau sholat istighfar ini memiliki banyak keutamaan selain menghapus dosa-dosa kita, yaitu menaikan derajat dan juga dipermudah segala urusannya. Adapun tata cara dan bacaan dalam sholat sunnah satu ini, yaitu sebagai berikut.

Tata Cara Sholat Taubat

Sama seperti sholat sunnah lainnya yang dilakukan sebanyak dua rakaat saja, dan dianjurkan untuk tidak melakukanya berjamaah karena sholat sunnah satu ini merupakan sholat nafilah yang diisyaratkan untuk tidak dikerjakan bersama-sama.

  • Untuk mengawalinya, kalian perlu membaca niat: "Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala"
    • Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”
  • Lalu dilanjutkan dengan Takbiratul ikhram
  • Membaca doa iftitah (sunnah)
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat pendek Al Qur'an
  • Setelah itu sama seperti sholat dua rakaat pada umumnya.

BACA JUGA:Jodoh Tak Kunjung Datang? Baca Doa ini agar Dipertemukan Dengan Jodoh Terbaik

Bacaan setelah Sholat Taubat

karena tujuan sholat sunnah ini adalah untuk menghapus dosa-dosa kita, maka dianjurkan untuk membaca bacaan istighfar sebnayk 100x setelah salam sholat taubat.

"Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi"

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Setelah membaca istigfar, maka bacaan doa dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat taubat seperti yang diajarkan oleh Rasullah SAW. Berikut doa tersebut.

BACA JUGA:7 Cafe Instagramable di Cirebon yang hits dan kekinian, Bikin Betah Nongkrong

"Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta"

Artinya: "Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

Itulah tadi tata cara sholat taubat beserta artinya. Semoga semua dosa dan kesalahan kita diampuni oleh-Nya dan diberkahi segala aktivitas positif yang kita lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: