Guru Honorer Aspirasikan Terkait PPPK pada Komisi I DPRD Kota Cirebon

Guru Honorer Aspirasikan Terkait PPPK pada Komisi I DPRD Kota Cirebon

Guru Honorer Aspirasikan Terkait PPPK pada Komisi I DPRD Kota Cirebon-capture-dprd.cirebonkota.go.id

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Komisi I DPRD Kota Cirebon menerima aspirasi yang dilayangkan dari para guru honorer PAI yang tergabung dalam Forum Guru Pendidikan Agama Islam (FGPAI) Non-PNS.

Komisi I DPRD memfasilitasi aspirasi dari FGPAI Non-PNS tersebut dalam rapat dengar pendapat dengan BKPSDM, BPKPD, dan Disdik Kota Cirebon, di ruang Griya Sawala gedung DPRD.

Dalam rapat tersebut, mereka menyampaikan keluhan atas ketidaktersediaan formasi guru PAI pada seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022.

Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani SH MH mengatakan, para guru honorer PAI ini menginginkan ke depannya agar bisa diakomodir pada formasi seleksi PPPK.

BACA JUGA:Satria Baja Hitam Diciduk Satpol PP Kabupaten Cireboh, Oh Ternyata

Sebab, seleksi penerimaan PPPK tenaga pendidikan tahun ini sama sekali tidak ada formasi bagi guru PAI. Dari hasil rapat, BKPSDM memberikan klarifikasi bahwa tenaga honoer guru PAI ini masuk dalam kategori Prioritas 3 (P3).

Sedangkan petunjuk dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), pengangkatan PPPK tahun 2022 mengutamakan bagi tenaga honorer P1 dan P2 terlebih dahulu.

Sesuai dengan regulasi PPPK terkait formulasi seleksi, yaitu untuk pemenuhan kebutuhan formasi akan didahulukan oleh pelamar prioritas pertama.
 
Pelamar prioritas pertama yang dimaksud adalah secara berurutan yaitu THK-II, Guru non-ASN Negeri, Lulusan PPG dan Guru Swasta yang telah memenuhi nilai ambang batas.

Apabila terdapat formasi belum terpenuhi akan diisi oleh pelamar prioritas kedua dan seterusnya yaitu jika formasi belum terpenuhi akan diisi oleh pelamar prioritas ketiga.

“Karena para tenaga honorer P1 dan P2 baru saja diangkat pada tahun 2022, maka kesempatan bagi tenaga guru honorer P3 baru bisa dilakukan pada 2023. Kesempatan itu masih terbuka lebar,” ujar Dani usai rapat.

BACA JUGA:Tradisi Unik! Lulus Uji Terbang Solo, Siswa Sekolah Pilot Proflight Mandi Oli Bekas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: