Mengenal Apa Itu Cacar Air Penyebab Dan Cara Mengobati

Mengenal Apa Itu Cacar Air Penyebab Dan Cara Mengobati

Mengenal Apa Itu Cacar Air Penyebab Dan Cara Mengobati-Capture-Suara Surabaya

RADARCIREBON.COM - Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Penyakit ini biasanya di tandai dengan munculnya ruam berwana kemerahan yang berisi cairan yang terasa gatal di sekujur tubuh.

Cacar air bisa tergolong penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Namun setelah di lakukanya vaksinasi pada tahun 1990 an kasus cacar air mulai berkurang secara perlahan.

Bahayanya cacar air dapat menimbulkan komplikasi pada bayi, ibu hamil dan orang-orang yang memiliki kondisi tubuh yang lemah.

BACA JUGA:Kamu Punya Keluhan Kuping? Obat Sakit Kuping Berikut ini, Merupakan Langkah Awal Untuk Mengobatinya!

Gejala Cacar Air

Umumnya gejala cacar air adalah ruam merah yang muncul di areah wajah, dada bahkan sekitar punggung yang bisa saja menyebar ke seluruh bagian tubuh, Namun cacar air juga memiliki gejala lain seperti :

  • Sakit Kepala
  • Demam
  • Hilang nya nafsu makan
  • Mudah lelah

Cacar air dalam istilah medis lebih dikenal dengan sebutan varicella. Penyebab utama cacar air adalah virus yang sangat mudah menular dengan percikan air liur, atau terjadinya kontak langsung dari cairan yang berasal dari ruam.

Waspada, penyakit ini biasanya akan menyerang kepada anak yang berusia di bawah 12 tahun. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena cacar air.

Biasanya orang yang belum pernah terkena cacar air sebelumnya dan belum menerima vaksin cacar air akan lebih rentan terkena penyakit ini.

BACA JUGA:Obat Alami Sakit Gigi, Cara Mudah Hilangkan Nyeri di Gigi

Pengobatan Cacar Air

Pengobatan bertujuan untuk menghindari gejala akan menjadi lkebih parah dengan bantuan obat maupun tidak menggunakanya sama sekali.

Ada beberapa pencegahan yang sduah terbukti efektif untuk di lakukan, contohnya menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut, tidak meggaruk ruam dan luka yang di sebabkan cacar air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: