Tak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil? Berikut Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya

Tak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil? Berikut Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya

Tak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil? Berikut Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya-capture-WIKIPEDIA

RADARCIREBON.COM – Pepaya merupakan buah lokal yang memiliki banyak nutrisi dan juga enak. Tapi ternyata bukan hanya buahnya yang berkhasiat, tapi daun papaya juga diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tak heran bila orang tua jaman dahulu sering menggunakan daun pepaya sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit.

Daun papaya memiliki kandungan senyawa unik yang menunjukan potensi dalam bidang kesehatan. Berikut ini adalah manfaat yang terkandung dalam daun papaya.

BACA JUGA:Ingin Hidup Sehat Secara Alami, Berikut Manfaat Berjemur Pagi Hari

1. Mengontrol kadar gula darah


Daun pepaya memiliki manfaat unutk melindungi sel-sel pengasil insulin di Pankreas dari kerusakan dari kematian dini. Karena hal itu, daun ini sering dijadikan ibat herbal untuk terapi pengobatan diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah.

2. Mengobati gejala demam berdarah

Daun pepaya dipercayai banyak orang sebagai obat untuk gejala demam berdarah. Demam berdarah adalah penyakit infeksi virus yang ditularkan melalui nyamuk.

Penyakit ini dapat menimbulkan gejala seperti flu, seperti demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam kulit. Meskipun belum ada obat khusus untuk demam berdarah, beberapa perawatan tersedia untuk mengelola gejalanya, salah satunya adalah daun pepaya.

BACA JUGA:Kamu Punya Keluhan Kuping? Obat Sakit Kuping Berikut ini, Merupakan Langkah Awal Untuk Mengobatinya!

3. Sebagai obat herbal anti kanker

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang mempunyai sifat melawan berbagai tumor kanker.

Enzim tersebut dapat mengurangi risiko kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker pancreas tanpa efek toksik pada tubuh.

Dengan mengatur T-sel pada tubuh, ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap berbagai macam kanker.

BACA JUGA:10 Daftar Daerah Terkaya di Jawa Barat, Kota Cirebon Nomor 4

4. Memanjangkan rambut

Daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam proses penumbuhan rambut. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan bisa membantu mengurangi stres oksidatif dan menunjang pertumbuhan rambut.

5. Menjaga kesehatan kulit

Daun pepaya sering dikonsumsi sebagai makanan atau dioleskan ke kulit sebagai cara untuk menjaga kulit tetap lembut, bersih, dan tampak awet muda.

Enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut papain dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati. Ini juga berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori tersumbat, rambut tumbuh ke dalam, dan jerawat.

BACA JUGA:5 Hero Mobile Legend yang Bisa Jadi Counter Paquito

Efek samping daun pepaya

Meskipun memiliki segudang manfaat, daun pepaya juga bisa menimbulkan efek samping pada kondisi tertentu. Berikut ini adalah efek samping daun pepaya:

Menimbulkan alergi: Enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya dapat menimbulkan alergi seperti mata pedas dan hidung berair.

Merusak esofagus: Enzim papain juga bisa menyebabkan kerusakan pada esofagus jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bahaya bagi ibu hamil: Enzim papain juga berisiko untuk ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya.

Itulah tadi sedikit manfaat dari daun pepaya dan efek samping yang bisa dapat membahayakan kesehatan.

BACA JUGA:Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil, Berikut 5 Rekomendasi Game Edukasi untuk Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: