Cara Membersihkan Keyboard Laptop, Simak Dulu Sebelum Bermasalah dan Macet

Cara Membersihkan Keyboard Laptop, Simak Dulu Sebelum Bermasalah dan Macet

Cara Membersihkan Keyboard Laptop-capture-dailysabah

RADARCIREBON.COM - Keyboard yang dimiliki laptop kita harus kita jaga secara rutin, karena Keyboard laptop kita mengalami masalah nantinya, akan sulit untuk ditangani atau diperbaiki. Oleh karena itu berikut adalah cara membersihkan keyboard laptop.

Walaupun terdengar simpel, cara membersihkan keyboard juga harus diketahui pengguna laptop. Seperti bahan atau alat yang kita gunakan untuk membersihkan Keyboard kita.

Selain untuk menjaga umur keyboard kita, cara membersihkan keyboard laptop yang benar juga dapat menjaga kesehatan bagi tubuh kita.

Karena beragam studi juga membuktikan bahwa kotoran yang ada pada keyboard kita, 20 ribu kali lipat lebih kotor dari tempat duduk toilet.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Simak Baik-baik Ya

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan Keyboard kalian. Mari disimak!

Balik atau Goyangkan Keyboard

Salah satu langkah awal untuk membersihkan Keyboard, sebenarnya termasuk cukup simple. Dimana kita dapat menggoyangkan Keyboard atau laptop kita dalam keadaan terbuka, agar remahan ataupun debu jatuh ke lantai.

Bersihkan dengan Kuas atau Air Duster

Berikutnya, kita dapat membersihkan kotoran di laptop kita menggunakan kuas lembut agar bisa bersih secara detil. Sedikit tips saat membersihkan menggunakan kuas, disarankan untuk menjaga laptop atu keyboard dalam keadaan terbalik dan terbuka agar debu atau kotoran yang tersapu bisa terjatuh.

BACA JUGA:Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard, Ternyata Simple, Cobain Deh

Jika dirasa masih kurang bersih, kamu juga bisa menggunakan Air Duster untuk meniup kotoran yang ada di sela keybooard kalian dengan 1 arah dan sambil dimiringkan juga,

Menggunakan Vacuum

Vacuum yang kita maksud adalah Vacuum Cleaner mini, agar kita dapat membersihkan sela-sela keyboard dengan mudah. Walaupun kita akan mengeluarkan kocek tambahan untuk membeli Vacuum tersebut.

Menggunakan Microfiber

Hal yang perlu diperhatikan saat kalian membersihkan Keybiard menggunakan Microfiber adalah jangan dibasahi terlebih dahulu.

BACA JUGA:Masih Bingung Cara Cek Spek Laptop Kamu? Berikut adalah Cara Termudah dan Paling Simple!

Karena Microfiber sendiri sudah cukup lembap untuk membersihkan kotoran di Keyboard kita. Terlebih lagi, jika kalian menggunakan lap yang basah dan bukan lembap saja, akan meningkatkan resiko di mana air akan  masuk ke sela tombol Keyboard dan akan berakibat fatal.

Memakai disinfektan

Metode disinfektan sendiri merupakan sebuah metode perlindungan tambahan, di mana akan membuat Keyboard kita terlindungi dari kuman ataupun bakteri.

Saat menggunakan disinfektan juga sangat diwajibkan untuk mengaplikasikannya terlebih dahulu pada tissue atau lap sebelum mulai membersihkannya.

Jangan menyemprotkan langsung pada keyboard kalian, karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Bahwa air bisa saja masuk ke sela keyboard dan malah merusak Keyboard kalian.

BACA JUGA:Kerjaan Terganggu! Inilah 5 Upaya Atasi Baterai Laptop Anda Habis

Bagaimana Cara Merawat Keyboard?

Setelah kita bersihkan, alangkah baiknya jika kita bisa merawat Keyboard kita kedepannya. Untuk mencegah kerusakan dan hal buruk lainnya. Berikut daftarnya:

  • Gunakan Keyboard Protection
  • Jangan gunakan terlalu kasar
  • Jauhkan dari cairan
  • Rutin dibersihkan
  • Hindari benda berat yang bisa membebani Keyboard
  • Gunakan Keyboard External

Berikut adalah beberapa cara perawatan Keyboard yang direkomendasikan, karena menjaga performa Keyboard itu penting untuk jangka waktu yang lama.

BACA JUGA:Charles Babbage, Penemu Komputer yang Mendonasikan Otaknya untuk Keperluan Sains

Harga Service Keyboard Secara Umum?

Sudah pasti layanan produk setiap Brand atau merk berbeda beda, mulai dari layanan hingga harga.

Tapi secara umum biaya yang bisa kita keluarkan untuk menservice Keyboard laptop adalah sekitaran 300-400 Ribu. Itupun akan tergantung dari separah apa kerusakannya.

Jadi sangat disarankan untuk terus menjaga dan merawat Keyboard laptop ataupun Keyboard kesayangan kamu.

Itulah adalah beberapa cara membersihkan keyboard laptop dan cara merawatnya, semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: