Pastikan Kondisi Baterai Baik, PT PLN UPT Cirebon Lakukan Pemeliharaan

Pastikan Kondisi Baterai Baik, PT PLN UPT Cirebon Lakukan Pemeliharaan

Jepang tetapkan baterai jadi 11 komoditas utama yang harus didapat.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam menjaga keandalan sistem kelistrikan, PT PLN UPT Cirebon rutin melaksanakan pengujian dan pemeliharaan baterai sebagai backup supply apabila sewaktu-waktu terjadi gangguan sistem kelistrikan yang tidak terencana, Kamis (8/12).

Kegiatan pengujian dan pemeliharaan dilakukan oleh tim Pemeliharaan Proteksi, Meter dan Otomasi serta Jaringan dan Gardu Induk Sunyaragi ULTG Cirebon. pengujian dan pemeliharaan ini dilakukan di gardu induk Sunyaragi PT PLN ULTG Cirebon.


--

Pengujian dan pemeliharaan ini dilakukan rutin minimal setiap 6 bulan sekali Dalam menjaga keandalan sistem kelistrikan, dimana setiap pelaksananan pekerjaan selalu sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang berlaku. Manager ULTG Cirebon, Dudi Hermawandi mengatakan baterai ini merupakan komponen yang penting di gardu induk karena menjadi power supply untuk semua peralatan yang ada di Gardu Induk Sunyaragi ini.

"Kami berkomitmen untuk menjaga dan Memastikan kondisi baterai yang ada di Gardu Induk Sunyaragi ini berada pada kondisi yang baik, jika diketemukan ada anomali pada kondisi baterai maka kami akan segera melakukan perbaikan sehingga pengoperasian peralatan di gardu induk sunyaragi ini pun tidak terganggu," kata Dudi Hermawandi.

BACA JUGA:Umar Patek Terdakwa Bom Bali Bebas saat Ada Aksi Bom Bunuh Diri, Begini Respons Australia

Dalam kegiatan pemeliharaan ini, pekerjan yang terlibat di setiap pekerjaan minimal 3 orang yaitu terdiri dari satu pengawas pekerjaan, satu pengawas K3 dan 1 pelaksanaan. "kali ini pelaksanaan pekerjaan yang terlibat ada dua orang ada Reza Wahyu Firdaus dan Annisa," ujar Dudi Hermawandi.

Sementara, Manager ULTG Cirebon, Dudi Hermawandi menambahkan bahwa Baterai merupakan aset yang vital dalam pengoperasian. Melalui baterai yang sehat maka pengoperasian gardu induk dapat berjalan lancar, baik itu pengoperasian yang normal ataupun pengoperasian saat terjadi gangguan di jaringan PLN. "gardu induk sunyaragi merupakan gardu induk yang menyuplai pasokan listrik untuk industri-industri di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, juga menjadi backup supply untuk konsumen tegangan tinggi di PT Semen palimanan".

PLN memiliki beberapa set baterai yang bisa saling membackup ketika dilakukan pemeliharaan, jadi pemeliharaan ini tidak akan berdampak pada pemadaman konsumen. "harapannya dengan gardu induk yang handal suplai ke industri-industri tersebut juga handal," tutup Dudi Hermawandi.

BACA JUGA:Resmi, USB Type-C Jadi Pengisi Daya Standar Perangkat Elektronik Mulai 2024

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: