Gedung Baru, Pelayanan Disdukcapil Lebih Optimal

Gedung Baru, Pelayanan Disdukcapil Lebih Optimal

NYAMAN: Suasana gedung baru Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon yang memiliki ruang pelayanan cukup luas.-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menempati gedung baru dengan ruang pelayanan cukup luas, membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon lebih maksimal memberikan pelayanan.

Pantauan Radar Cirebon kemarin, sentra pelayanan dengan wajah baru membuat warga yang menunggu antrean jadi lebih nyaman. Belum lagi kursi yang tersedia lebih banyak. Sehingga, warga yang menunggu tidak terlalu capek. Bahkan merasa nyaman dengan ruangan ber-AC.

Kepala Disdukcapil Kota Cirebon Drs Atang H Dahlan MSi menjelaskan, ruangan pelayanan di gedung baru sebenarnya sangat representatif. Selain luas, juga nyaman, karena ada AC. Sistem pelayanan yang diterapkan, kata Atang, benar-benar ingin membuat nyaman masyarakat. Yang ingin mengurus administrasi kependudukan, juga lebih mudah.

Selain kenyamanan, lanjut Atang, juga cepat dalam proses mengurus administrasi kependudukan. Mulai dari KTP, akta kelahiran, kartu keluarga hingga ankta kematian. "Tidak ada alasan warga tidak nyaman. Karena, ruangan pelayanan, kami buat senyaman mungkin, dan warga mengaku betah menunggu," ucapnya.

BACA JUGA:Buntut dari Polemik Iptu Umbaran, Mabes Polri Jamin Kebebasan Pers di Jateng

Seperti diketahui, Disdukcapil Kota Cirebon menyediakan taman bermain untuk anak-anak. Suasana anak-anak ceria bermain di taman main tersebut jadi pemandangan baru. Atang menjelaskan, hadirnya taman bermain di Disdukcapil dalam rangka untuk memberikan kenyamanan pelayanan kepada masyarakat.

Warga yang sedang mengurus administrasi kependudukan, kata Atang, ketika mengajak anak, maka bisa bermain sambil menunggu proses administrasi. "Mengurus administrasi sambil mengajak anak, maka kami sediakan taman bermain," ujar Atang.

Hadirnya taman bermain ini, kata Atang, mengacu saran dari ombudsman. Sehingga, orang tua yang mengurus administrasi kependudukan, tidak sampai meninggalkan anak di rumah. Selama di taman bermain, bisa tetap menjaga anak-anaknya.

Namun demikian, kata Atang, ada yang mengkritik adanya taman bermain karena menjadi ramai. Hanya saja, namanya anak-anak, bermain pasti ramai. Meski demikian, dengan gedung baru yang lebih luas, membuat pelayanan Disdukcapil menjadi lebih maksimal dan lebih cepat. "Kita usahakan pelayanan menjadi lebih maksimal lagi," pungkasnya.

BACA JUGA:Nih Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, Liburan Bisa Direncanakan dari Sekarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: