5 Penyebab Kulit Kepala gatal, Bukan Hanya Dikarenakan Ketombe

5 Penyebab Kulit Kepala gatal, Bukan Hanya Dikarenakan Ketombe

5 Penyebab Kulit Kepala gatal, Bukan Hanya Dikarenakan Ketombe-capture-Bobo.id

RADARCIREBON.COM - Apa kalian sering merasa kulit kepala gatal? Apalagi rasanya tak kunjung hilang. kulit kepala gatal biasanya dikaitkan dengan ketombe. 

Munculnya ketombe biasanya disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara berlebihan yang menyebabkan menumpuknya sel kulit mati di kulit kepala.

Selain itu, ketombe juga bisa dipicu oleh hal lain, seperti kulit kepala kering, kurang terjaganya kebersihan rambut dan kuli kepala, hingga iritasi atau sensitivitas terhadap produk perawatan rambut tertentu.

Untuk mengatasinya, kalian bisa membeli produk sampo antiketombe. Biasanya sampo antiketombe mengandung zinc pyrithione, selenium, menthol, urea, dan asam salisilat.

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh Gusi Bengkak, Ini Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

Kalian juga dapat memilih sampo antiketombe dengan kandungan eukaliptus yang dapat mengurangi rasa gatal di kulit kepala akibat ketombe serta mampu membersihkan dan menutrisi kulit kepala.

Tapi sebenarnya, tidak selamanya ketombe menjadi penyebab kulit kepala gatal. Hal ini juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lainnya, bisa saja penyakit kulit tertentu.

Bila kalian merasakan kulit kepala kalian gatal dan tak kunjung hilang, jangan disepelekan. Yuk disimak berikut adalah penyebab kulit kepala gatal dan cara  mengatasinya.

BACA JUGA:Ini Cara Ampuh untuk Mengatasi Batuk dan Pilek Tanpa Obat

1. Kutu rambut

Kuti rambut juga seringkali menjadi penyebab kepal kalian terasa gatal yang tak tertahankan. Rasa gatal yang disebabkan kutu ini biasanya terasa sangat intens.

Selain rasa gatal, kalian bisa juga menyadarinya bila merasa ada sesuatu yang berjalan atau merayap di kepala kalian.

Jika kalian curiga bahwa kutu rambut menyebabkan gatal, mintalah seseorang untuk memeriksa kulit kepala dan rambut Anda dengan cermat untuk mencari tanda-tanda serangga kecil ini.

Untuk menghilangkan rasa gatal akibat kutu kepala, Anda perlu menyingkirkan kutu tersebut. Atau kalian juga bisa menggunakan sisir serit yang bisa mengangkat kutu serta telur kutu yang ada di kepala. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: