Daftar Bubur Ayam di Cirebon Yang Wajib Kalian Coba Saat Berkunjung ke Cirebon

Daftar Bubur Ayam di Cirebon Yang Wajib Kalian Coba Saat Berkunjung ke Cirebon

Daftar Bubur Ayam di Cirebon Yang Wajib Kalian Coba Saat Berkunjung ke Cirebon-screenshot-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Bubur Ayam CIREBON atau yang lebih sering dikenal dengan 'Buryam' merupakan sarapan pagi yang dibuat dari dasar nasi alias Bubur serta dikombinasikan dengan kerupuk, suwiran Ayam, dan potongan telur.

Untuk kalian yang ingin berlibur ke kota udang, berikut daftar bubur ayam Cirebon yang tentu saja jangan sampai terlewat untuk dicoba.

Bubur ayam merupakan salah satu hidangan favorit untuk sarapan pagi, termasuk menjadi salah satu menu bagi masyarakat Kota Cirebon.

Makanan satu ini memang banyak ditemui di berbagai daerah, dengan versi yang berbeda-beda. Ada yang berkuah, ada juga tidak.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Leo Hari Ini 17 Desember 2022, Fokuskan Leo Untuk Hal Ini

Asal Usul Bubur Ayam

Dikutip dari berbagai sumbermakanan yang sering dkonsumsi masyarakat Indonesia ini, ternyata sudah ada sejak zaman kekaisaran tiongkok loh. Diketahui, bubur sendiri ternyata memiliki sejarah yang panjang.

Berdasarkan catatan sejarah awal dari bubur ini, ternyata makanan yang satu ini sudah ada sejak sebelum masehi.

Konon, bubur tersebut sudah ada sejak zaman Kaisar Kuning yakni Kaisar Xuanyuan Huangdi berkuasa. Dikisahkan, pada tahun 238 sebelum masehi, terjadi musim paceklik atau kekurangan bahan makanan.

Paceklik ini pun disebabkan oleh kemarau yang berkepanjangan. Akibat kejadian ini, sang Kaisar pun memikirkan cara untuk mengolah makanan menjadi banyak.

BACA JUGA:Kronologi Robohnya Dinding Pembatas dan Ambruknya Atap Plafon Bandara Kertajati Majalengka

Saat Kaisar makan, dia menuangkan sup panas ke atas nasi sehingga membuat nasi tersebut mengembang seperti bubur.

Setelah itu, kaisar pun meminta juru masaknya untuk memasak beras sampai menjadi bubur. Sehingga ada lebih banyak makanan untuk rakyatnya.

BACA JUGA:4 Tempat Wisata Cirebon Instagramable, Cocok Buat Liburan Akhir Pekan

Selain itu, ada juga kisah dokter Chun Yuyi yang merawat penyakit kaisar Qi dengan menyajikan bubur.  Mulai darisanalah bubur akhirnya disajikan sebagai menu sarapan bagi orang yang sedang sakit.

Dalam buku pengobatan tradisional Tiongkok, bubur dianggap menjadi makanan sehat sejak tahun 219.

Dikarenakan tekstur bubur yang lembut, makanan ini pun mulai sering dijadikan sebagai makanan pendamping susu untuk bayi yang sudah boleh memakan nasi.

Seiring berjalannya waktu, bubur pun mulai disajikan menjadi menu sarapan di rumah-rumah di Tiongkok. Begitupun juga negara Asia lainnya, termasuk Indonesia.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Majalengka Rusak Akibat Badai Angin, BIJB: Tak Pengaruhi Jadwal Pesawat

Nah, tiap-tiap daerah, memiliki khas Bubur Ayam nya sendiri termasuk Cirebon, Bubur ayam cirebon terlihat lebih ramai karena di permukaannya bertumpuk kerupuk, emping, suwiran ayam, bawang goreng, cacahan seledri, dan terkadang dilengkapi potongan cakwe.

Rasanya juga beda. Bubur ayam cirebon biasanya ditambah kuah kaldu. Kuah kaldu yang gurih dan beraroma rempah itu memperkuat rasa gurihnya.

Daftar Bubur Ayam Cirebon

Tanpa basa-basi lebih lama lagi, berikut adalah beberapa rekomendasi Bubur Ayam yang bisa kamu coba di Kota Cirebon. Yuk, disimak!

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh Gusi Bengkak, Ini Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

1. Bubur M Toha

Bubur ayam yang pertama adalah Bubur M Toha ini. Berdiri sekitar tahun 1967-an. Tempat bubur ayam ini masih sering ramai dikunjungi oleh para pelanggan bahkan hingga malam hari.

Memiliki cita rasa khas yang tak pernah berubah menjadikkanya masih tetap eksis dan ramai hingga sekarang.

Biaya yang perlu diperlukan sangat ramah dikantong, jadi kalian tidak pelru khawatir. Selain tersedia menu bubur ayam, terdapat menu lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: